Tips Panduan Studi Lanjut ke Perguruan Tinggi (D1,D2,D3,S1)


Setelah lulus sekolah menegah atas (SMA) dan sederajat banyak siswa yang akhirnya melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi. Namun apakah mereka sudah menyiapkan mau kemana nantinya Perguruan Tinggi yang akan mereka pilih dari banyaknya pilihan yang ada, Nah kursuskomputertop.or.id punya masukan yang dapet menjadi bahan pertimbangan untuk siswa baru yang akan mencari Perguruan Tinggi yang cocok buat kalian.

Baca Juga Membuat hitung mundur di Ms. Power Point

Sebelum melangkah lebih lanjut kalian harus tahu lebih dahulu apa itu Perguruan Tinggi ? Jadi yang dimaksud dengan Perguruan Tinggi itu adalah satuan pendidikan profesional dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi atau kesenian tertentu.

Akademi menyelenggarakan program pendidikan profesional dalam satu cabang ilmu pengetahuan dan teknologi atau kesenian tertentu, untuk Politeknik menyelenggarakan program pendidikan profesional dalam sejumkah bidang pengetahuan khusus. Kemudian Sekolah Tinggi menyelenggarakan program pendidikan akademi dan/atau profesional dalam satu lingkup disiplin ilmu tertentu. Ada lagi untuk Institut menyelenggarakan program pendidikan akademi dan/atau profesional dalam sekelompok disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian sejenis dan kemudian yang terakhir Universitas menyelenggarakan program pendidikan akademi dan/atau profesional dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian tertentu.

Jalur Pendidikan

Struktur pendidikan tinggi di Indonesia terdiri dari 2 jalur penidikan, yaitu pendidikan Akademi dadn pendidikan Profesional. Pendidikan Akademi adalah pendidikan tinggi yang diarahkan terutama pada penguasaan ilmu pengetahuan dan pengembangannya, dan lebih diutamakan peningkatan mutu serta memperluas ilmu pengetahuan. Pendidikan akademi diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi, Institut dan Universitas.

Pendidikan Profesional adalah pendidikan tinggi yang diarahkan terutama pada kesiapan keahlian tertentu, serta menggunakan peningkatan kemampuan/keterampilan kerja atau menekankan pada aplikasi ilmu dan teknologi.
Pendidikan profesional ini diselenggarakan oleh akademi, politenik, sekolah tinggi, institut dan universitas.

Pendidikan Akademi menghasilkan lulusan yang memperoleh gelar akademi dan diselenggarakan melalui program Sarjana (S1-Strata1) atau Program Pasca Sarjana. Program pasca sarjana ini meliputi program Magister dan program Doktor (S2, S3).

Penddidikan Jalur Profesional menghasailkan lulusan yang memperoleh sambutan yang profesional yang diselenggarakan melalui program diploma (D1,D2,D3,D4) atau Spesialis (Sp1,Sp2). 

Program pendidikan sarjana dan diploma merupakan program yang dipersiapkan bagi peserta didik untuk menjadi lulusan yang berbekal seperangkat kemampuan yang diperlukan untuk mengawali fungsi pada lingkungan kerja, tanpa harus melalui masa penyesuaian terlalu lama.

Program pendidikan pasca sarjana S2 (Magister), S3 (Doktor) dan Spesialis (Sp1,Sp2) merupakan program khusus yang dipersiapkan untuk kegiatan yang bersifat mandiri. Pendidikan S2 dan S3 lebih menekankan pada penelitian yang mengacu pada kegiatan inovasi, penelitian dan pengembangan, Sedangkan pendidikan spesialis ditujukan untuk meningkatkan pelayanan bagi pemakai jasa dalam bidang yang bersifat spesifik.
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia