Setelah Lulus SMA/MA/SMK mau kemana ?


Anak - anak adalah masa depan generasi bangsa indonesia untuk masa depan, salah satu kunci dalam pembangunan dan kejayaan dengan generasi yang mempunyai pendidikan yang baik dan berkepribadian. Untuk mencegah atau mengantisipasi kesalahan anak - anak yang salah satunya siswa yang baru lulus SMA/MA/SMK dalam menentukan keputusan untuk masa depannya, maka kursuskomputertop.or.id kali ini akan membahas tentang tema tersebut diatas.

Merupakan sebuah dilema bagi sebagian anak - anak yang baru lulus jika di tanya mengenai pertanyaan tersebut, yaitu Setelah Lulus SMA/MA/SMK mau kemana ? untuk membantu anda menjawab pertanyaan tersebut secara sistematis, objektif dan dinamis tenang alternatif masa depan setelah lulus sekolah. Setelah lulus sekolah setiap siswa harus menentukan sikap pilihannya, apakah harus berkerja ?, kuliah ?, Berwiraswasta ? atau pilihan lain ?. Kesulitan dan kebingungan selalu ada dalam pikiran siswa yang telah lulus. Selain itu juga sudah banyak siswa yang sudah menentukan pilihannya, tetapi hanya sedikit informasi yang mendukung untuk mewujudkan impiannya tersebut. 

Baca Juga Menentukan Produk Yang dijual di Toko Online

Setiap pilihan ada konsekuensinya. Untuk itu perlu bekal pada setipa siswa tentang informasi yang lengkap akan pilihan setelah lulus agar tidak kecewa di kemudian hari. Kalu informasi sudah dimiliki oleh siswa yang lulus, maka harapannya bisa mengontrol membimbing agar tujuan yang diinginkannya dapat terwujud. Selain informasi yang cukup untuk mendukung terhadap tercapainya cita-cita siswa yang lulus, juga harus secara logis mempertimbangkan dan menyesuaikan dengan bakat, minat, kemampuan serta kepribadian yang dimiliki.

Jika siswa ingin melanjutkan untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi (D1,D2,D3,S1) ada beberapa bentuk perguruan tinggi yang dipilih utnuk melanjutkan studi nantinya. Pengertian perguruan tinggi sendiri yaitu suatu pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi dan dapat berbentuk Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Institut, Atau Universitas. 

Yang Pertama adalah Akademi menyelenggarakan program pendidikan profesional dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi atau kesenian tertentu. Yang Kedua adalah Politeknik menyelenggarakan program pendidikan profesional dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus. Yang Ketiga adalah Sekolah Tinggi menyelenggarakan program pendidikan akademi dan atau profesional dalam lingkup satu disiplin ilmu tertentu. Yang Keempat adalah Institut menyelenggarakan program pendidikan akademi dan atau profesional dalam sejumlah disiplin ilmupengetahuan, teknologi dan atau kesenian. Yang Kelima adalah Universitas menyelenggarakan program pendidikan akademi dan atau profesional dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau kesenian tertentu.

Kemudian jika siswa ingin mendapatkan tambahan keterampilan dapat mengikuti Lembaga Pelatihan / Kursus. Kursus adalah satuan pendidikan luar sekolah yang tersiri atas sekumpulan warga masyarakat yang memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap mental tertentu bagi warga belajar. Pelajaran atau pengetahuan yang diberikan kepada warga belajar diberikan pada waktu yang singkat, misalnya : kursus komputer, kursus menjahit, kursus bahasa asing dll.

Opsi lain dari siswa baru lulus adalah untuk berkerja didalam dan di luar negeri. Siswa harus mempersiapkan keterampilan apa yang diperlukan atau syarat - syarat yang diperlukan untuk lowongan pekerjaan yang tersedia. Biasanya Dinas Tenaga Kerja menyelenggarakan Job Fair dsb yang dapat anda manfaatkan untuk berburu pekerjaan yang memenuhi kualifikasi siswa.

Ada juga siswa yang berharap dari lowongan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Lowongan sektor formal ini pada umumnya sangat banyak yang berminat, namun peminatnya sangat banyak sehingga peluangnya sangat minim. Namun siswa tidak perlu berkecil hati banyak lembaga pendidikan untuk mempersiapkan pada saat ujian PNS yang dapat membantu.

Pilihan berikutnya adalah berwiraswasta dan menjadi pengusaha. Banyak sektor usaha yang potensial untuk dikembangkan, mengingat perluang pasar di Indonesia cukup besar. Jika pun tidak dapat membuka usaha secara langsung anda dapat memulainnya dengan usaha yang membutuhkan biaya minimal misalnya dengan membuka toko online. 

Nah itu beberapa pilihan yang mungkin bisa menjadi opsi bagi siswa yang baru lulus sekolah, semoga dapat membantu kesulitan anda dan dapat dijadikan rekomendasi untuk anda melangkah ke fase berikutnya di kehidupan anda, semoga anda tidak salah memilih opsi meskipun kegagalan merupakan jalan menuju kesuksesan, namun alangkah baiknya jika sukses tanpa harus melalui kegagalan bukan.
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia