Jenis pewarnaan mendesain di komputer



Hallo, Salam Sukses dan Bersemangat untuk pada sahabat Unigama dimanapun berada. Semoga hari ini anda memiliki keberuntungan dan bahagia. Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang pentingnya warna dalam pembuatan desain komunikasi visual, untuk lebih jelasnya anda dapat mengikuti artikel kami pada kali ini.

Faktor yang penting dalam komunikasi visual dengan komputer adalah pewarnaan, warna memberikan dampak psikologis, sugesti, suasana bagi yang melihatnya. Pada pemilihan warna dalam desain memiliki makna dan arti yang terbungkus didalam karya tersebut. Salah satu contohnya yaitu merah yang diidentikkan dengan keberuntungan oleh masyarakat tionghoa, kunig yang diidentikkan dengan kemakmuran pada masyarakat kita, dan masih banyak lagi pemaknaan warna yang lainnya, yang tidak perlu saya bahas lagi tentang pentingnya warna dalam desain.

Pada saat kita mendesain di layar monitor mungkin terlihat warna yang menarik, namun pada saat dicetak / print mungkin warna tidak sesuai pada tampilan di layar monitor, Karena untuk aplikasi cetak hanya dipakai gabunga warna CMYK, sedangkan layar monitor menggunakan RGB, HLS, Hexadesimal, Dll. 

Didunia komputer grafis banyak sistem / model warna, antara lain :

  • RGB (Red Greend Blue)
  • CMYK (Cyan Magenta Yellow Black)
  • HSL (Hue Lightness Saturation)
  • LAB Color (Lightness A (green-red axis) B (blue-yellow axis))
  • RGB Hexadecimal: misalnya #FF0000
Dalam kebutuhan cetak dan printing, warna yang sering dipakai adalah model CMYK, sedangkan untuk tampilan monitor semisal web, walpeper, game, video warna yang biasa dipakai adalah menggunakan RGB dan RGB Hexadecimal.

Karena banyaknya pewarnaan tersebut maka muncullah standar warna seperti Pantone, DIC, Toyo, Trumactch dll, untuk menyamakan persepsi warna dengan menggunakan kode angka. Mungkin demikian dulu yang dapat kami sampaikan pada artikel kami kali ini semoga bermanfaat dan tunggu artikel - artikel kami berikutnya.

Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta, Indonesia