Mengenal lebih jauh AutoCAD 2012


Perkembangan software AutoCAD sangatlah cepat, hampir setiap tahun meluncurkan AutoCAD versi terbaru. AutoCAD versi terbaru akan menawarkan bentuk tampilan dan fitur - fitur canggih yang memudahkan pemakainnya untuk menggunakan, dan tambahan fitur tersebut untuk menyempurnakan AutoCAD versi sebelumnya. Namun pada kesempatan ini kursuskomputertop.or.id hanya membahas mengenai AutoCAD 2012.

Pada AutoCAD 2012, anda dapat langsung membagi tampilan lembar kerja dalam beberapa bagian sesuai dengan style yang anda pilih. saat anda menggunakan lembar kerja AutoCAD 2012, anda dapat melakukan pengaturan seperti warna dan tampilan yang digunakan dalam aplikasi dan drawing window, serta mengendalikan fitur umum pada aplikasi tersebut. Banyak pengaturan tersedia dalam menu Shortcut dan kotak dialog Options.

Beberapa unsur tampilan, seperti lokasi menu dan palet dapat ditetapkan dan disimpan dengan menggunakan kootak dialog Customize User Interface Editor. Beberapa setting dibawah ini mempengaruhi bagaimana anda memeasukkan gambar dalam bidang gambar seperti berikut :

Color Scheme, anda dapat melakukan dan menentukan pilihan warna Dark (gelap) atau Light (terang) latar belakang jendela aplikasi, status bar, title bar, menu aplikasi, toolbar, dan pelet yang dapat anda atur dalam kotak dialog Option, tab Display, Color).

Background Colors, Anda dapat menetapkan warna latarbelakang pada tab Model, Layout dan Block Editor. Mengubah warna background tab Model  untuk menandai saat anda bekerja dalam desain 2D, 3D modeling (proyeksi sejajar) atau 3D modeling (proyeksi perspektif) untuk mengatur warna tab Model, Layout dan Block Editor lakukan dalam (kotak dialog Options, tab Display, Colors)

UCS Icon and Crosshairs Cursor, Anda dapat mengendalikan tampilan ikon UCS dalam model Space dan Paper menggunakan (kotak dialog UCS Icon)

Color Assignments untuk X, Y, dan Z di dalam setiap unsur tampilan 3D yang berhubungan dengan sumbu X, Y dan Z UCS menggunakan warna khusus. Sumbu X menggunakan warna merah, sumbu Y menggunakan warna hijau dan Sumbu X menggunakan warna biru. Untuk mengatur warna UCS yang berhubungandengan sumbu X, Y dan Z lakukan dalam kotak dialog (Option , Tab Display, Colors)

Clean Screen, Anda dapat memperluas area gambar untuk menampilkan hanya menu bar, status bar dan command window denganmenekan tombol Clear Screan dalam status bar aplikasi, klik tombol sekali lagi untuk mengembalikan ke bentuk tampilan sebelumnya.

View Transition, Anda dapat mengendalikan transisi tampilan yang halus atau spontan ketika anda menggunakan Pan, Zoom atau bentuk tampilan yang lain dengan menggunakan perintah VTOPTIONS.

Gambar yang di hasilkan dari AutoCAD 2012 tidak dapat dibuka secara langsung pada AutoCAD versi sebelumnya, Sehingga apabila anda ingin membuka gambar pada AutoCAD versi sebelumnya anda dapat melakukan penyimpanan gambar ke dalam format AutoCAD yang sesuai dengan menggunakan perintah SAVE AS.
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia