Mengenal CMS dan jenis - jenisnya.


Untuk lebih mengenal lebih jauh tantang bahasan ini kursuskomputertop.or.id akan mejelaskan lebih detail tantang hal ini. Silahkan di Simak !
Salah satu unsur dari jenis media website adalah halaman back end yang biasa disebut CMS. CMS (Content Management System) adalah suatu aplikasi berbasis web yang mumudahkan anda untuk mengelola web. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk mengubah dan memanipulasi isi serta mengatur halaman front end dari suatu website. 

Dengan CMS, orang awam dalam hal pemrograman web seperti PHP atau HTML pun mampu membuat website dengan mudah. Saat ini, CMS sangat mudah ditemukan dan kebanyakan dapat didownload secara gratis. Beberapa jenis CMS gratis yang sering digunakan antara lain Wordpress, Joomla, Drupal dan masih banyak lagi. 

Jenis - Jenis CMS

Saat ini ada begitu banyak CMS yang dapat digunakan untuk membangun website. Dilihat dari hak lisensinya, CMS dibagi menjadi 2 , yaitu CMS yang bersifat komersil dan CMS yang bersifat open source atau gratis.

CMS Komersil

CMS yang bersifat koemrsil adalah jenis CMS yang dikembangkan oleh suatu perusahaan untuk mencari keuntungan. Hampir semua CMS jenis ini memiliki fitur yang digunakan untuk memenuhi fungsi CMS seperti menambah, mengisi dan atau mengedit isi artikel berserta pemilihan template yang bisa digunakan. Untuk dapat menggunakan template ini , pengguna harus membayar atau membeli lisensi perusahaan pembuatnya.

CMS open source

CMS jenis ini adalah CMS yang bersifat gratis. Setiap orang atau perusahaan yang menggunakan CMS jenis ini tidak perlu membayar atau membeli lisensi. CMS ini dibuat dan dikembangkan oleh beberapa orang atau perusahaan sebagai solusi pembuatan website secara murah. CMS open source memiliki dukungan yang lebih banyak dari perorangan atau kelompok orang yang mendedikasikan dirinya untuk proyek sosial ini. Karena kebanyakan CMS open source menggunakan lisensi GPL (General Public Licence) maka setiap orang bebas untuk menambah, mengedit atau mengkurangi script yang ada.

Baca juga Pilihan CMS Gratis untuk Toko Online
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia