Hal penting perlu anda ketahui dalam memilih Perguruan Tinggi



Untuk melanjutkan studi, anda perlu mengetahui hal-hal sebagai berikut :

1. Menentukan Jurusan / Program Studi terlebih dahulu, baru Perguruan Tinggi (PT). 

Sebelum menentukan Perguruan Tinggi (PT) disarankan menentukan jurusannya terlebih dahulu, baru jurusan tersebut ada di Perguruan Tinggi mana. Karena Jurusan/Program Studi sangat terkait dengan keduksesan studi dan cita-cita anda, sedangkan Perguruan Tinggi lebih cenderung berkait dengan pilihan tempat dan kemampuan financial/keuangan.

2. Biaya atau financial tidak menjadi masalah bagi anda.

Bagi yang tidak memiliki masalah dengan financial, artinya orang tua memiliki uang yang cukup, akan lebih bebas menentukan perencanaan, mau di PTS, PTN di dalam negeri atau diluar negeri semuanya bisa dipilih untuk menentukan calon tempat kuliah. 
Tetapi bagi yang memiliki keterbatasan financial maka disarankan memilih PTN yang berkualitas, karena pada kualitas yang sama PTN membutuhkan biaya yang relatif sedikit.

3. Selain alternatif PTN tentunya harus menentukan pilihan PTS.

Di Indonesia saat ini terdapat sekitar 3000 sumber dari dikti lebih Perguruan Tinggi baik itu PTS, yang tersebar dari Sabang sampai Merauke (tidak termasuk Timor Leste). Ada PTS berbentuk Universitas, Sekolah Tinggi, Akademi dan lain - lain dengan program studi serta jejang pendidikan yang berbeda - beda. Dalam menentukan PTS tentunya harus hati - hati dalam dalam memilih jangan sampai tertipu dengan promosi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Baca Juga Tips Panduan Studi Lanjut ke Perguruan Tinggi (D1,D2,D3,S1)
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia