Instalasi XAMPP Server dan Menjalankannya

OpenCart yang berbasis PHP dan MySQL hanya dapat dijalankan diatas server web. Untuk itu, supaya anda dapat melakukan installasi OpenCart di PC atau notebook, dibutuhkan web server yangberjalan secara lokal diperangkat yang anda gunakan. Langkah – langkah yang dapat anda lakukan antara lain sebagai berikut : 
- Download aplikasi XAMPP di alamat https://www.apachefriends.org/download.html atau klik disini

Baca Juga Mengunduh atau Mendownload CMS OpenCart

-  Selanjutnya pilih bahasa yang digunakan kemudian klik OK.


- Jika muncul pesan error abaikan saja lanjutnkan dengan klik OK dan Yes.


- Langkah berikutnya akan muncul jendela yang isinya meminta Anda menutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Jika semua aplikasi sudah ditutup, maka klik tombol Next.


 - Selanjutnya pilih aplikasi yang diinstal. Centang saja semua pilihan dan klik tombol Next.


- Kemudian tentukan lokasi folder penyimpanan file-file dan folder XAMPP. Secara default akan diarahkan ke lokasi c:\xampp. Jika ingin menyimpannya di folder lain bisa klik browse dan tentukan secara manual folder yang ingin digunakan. Jika sudah selesai, lanjutkan dan klik tombol Install.


- Tunggu untuk proses intalasi selesai. Jika sudah muncul jendela seperti di bawah ini, klik tombol Finish untuk menyelesaikannya.


- Terakhir, jendela dialog seperti gambar di bawah ini akan muncul menanyakan apakah mau langsung menjalankan aplikasi XAMPP atau tidak. Jika ya, maka klik YES.


- Untuk mengaktifkan modul-modul XAMPP seperti Apache, MySQL, atau FileZilla klik tombol Start diasmping kanan masing-masing modul.


- Modul XAMPP sudah aktif ditandai dengan warba hijau. Untuk dapat menjalankan OpenCart anda harus menjalankan Apache dan MySQL


- Untuk memastikan istalasi berhasil, buka browser ketikankan  http://localhost/xampp di address bar. Jika muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, instalasi telah berhasil.


Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia