Manfaat CMS Open Source


Baca juga Kursus Komputer Privat Desain Grafis

Dalam dunia internet dan pembuatan website , CMS memiliki manfaat yang sangat banyak, terutama CMS yang bersifat Open Source. Dengan open source maka akan membantu para pebisnis online pemula, untuk itu kursuskomputertop.or.id akan membahas manfaat yang didapat dari penggunaan kontents ini.

Berikut beberapa manfaat dari CMS Open Source :

1. Gratis

Seperti kita tahu tabiat orang kita biasanya sangat senang yang gratis -gratis, sama juga untuk mengunduh CMS ini gratis, jadi CMS yang bersifat open source dapat digunakan dengan cara di-copy atau di-download secara bebas dan legal. Hal ini akan sangat meringankan perusahaan kecil atau besar dalam mempromosikan produk mereka. 

2. Mengelola semua data

Mengelola atau memanajemen merupakan fungsi utama dari sebuah CMS. Semua informasi yang akan ditampilkan atau sudah ditampilkan dapat dikelola dengan sangat baik menggunakan CMS. Mayoritas CMS sudah siap pakai dan cukup mudah untuk digunakan sehingga orang yang tidak begitu menguasai pemrograman pun dapat dengan mudah memahaminya. Beberapa CMS dapat mengelola data antara lain mengedit hasil posting, fungsi indexing, fungsi searching dan beberapa fungsi lainnya. 

3. Mendukung berbagai tema atau tampilan

Selain untuk mengelola data dan informasi, manfaat CMS adalah mendukung berbagai template atau tema. Dengan demikian seorang webmaster atau pengelola bagian - bagian tertentu ynag ditambahkan sebuah widget atau hiasan seperti kalender , kategori dari setiap posting, daftar posting dan lain - lain. Sebelum diterapkan, sebuah tema dapat mereview terlebih dahulu untuk memeastikan bahwa tampilan tema tersebut sidak menggangu pengguna yang berkunjung ke website tersebut.

4. Didukung oleh banyak komunitas

CMS Open Source bersifat gratis maka penggunanya pun lebih banyak dibandingkan dengan CMS komersil. Banyaknya pengguna memberikan timbal balik yang positif bagi perusahaan maupun bagi sesama pegguna. Sebagai contoh ketika CMS digunakn oleh seseorang akan terjadi suatu bug (kelemahan) maka sesama pengguna CMS dari komunitas dunia internet pun akan segera membantu.
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia