Membuat Toko Online (Bagian I)


Pada zaman sekarang ini perkembangan teknologi internet dan gadget yang semakin canggih dan harganya terjangkau. Bahkan tidak dapat dipungkiri dirata – rata disetiap keluarga semuanya masing – masing sudah memegang gadget ditangan. Bahkan banyak juga yang dari anggota keluarganya mempunyai dua atau tiga gadget. Melihat fenomena tersebut maka sangat dimungkinkan jika cara bertingkah dan berprilaku orang akan mengalami evolusi, begitu pula dengan cara bertransaksi cara membeli dan menjualan orang akan mengalami perubahan karena kemudahan dari transaksi secara online tersebut dan karena sudah banyaknya kepercayaan masyarakat dengan toko online maka sangatlah potensial apabila seorang pengusaha pemula dapat memulai usahanya melalui bisnis toko online tersebut.
Sebagai salah satu dari alternative menambah penghasilan, fenomena toko online sekarang ini sudah semakin berkembang dengan berbagai jenis produk yang dipasarkan mulai dari pakaian, minuman, keperluan rumah tangga, gadget dan lain sebagainya. Perubahan pola belanja masyarakat yang tadinya bersifat konvensional seiring dengan perkembangan ini khusunya di indonesia kini telah menjadi belanja secara online baik itu berbasis web, blog atau sejenisnya. Hal itulah yang dinamakan dengan perkembangan yang kearah positif, nah istilah untuk menyebut pemasaran bisnis toko online tersbutlah yang disebut dengan e-commerce
Bisnis online di Indonesia belakangan ini sudah semakin berkembang dengan pesat. Seperti halnya bisnis lainnya, mendirikan bisnis diranah online juga memerlukan kerja keras dan kegigihan. Semakin luas penetrasi internetdi Indonesia, semakin besar pula peluang kewirausahaan, khususnya secara online ini. Bila dijabarkan dengan panjang lebar, ada beberapa alasan mengapa bisnis online ini berpotensi sebagai alternatif yang sangat menjanjikan.
Pertama, nilai inverstasirelatif rendah. Anda hanya perlu investasi menyediakan barang untuk dijual, tidak perlu biaya besar untuk membangun toko atau tempat sewa. Kedua, modal kerja yang diperlukan hanyalah sambungan internet, komputer serta barang dan jasa yang ditawarkan. Ketiga, resiko investasi bisnis online rendah. Pemilik bisnis bebas berimprovisasi untuk menemukan produk yang paling pas dan cara terbaik untuk memasarkan bisnisnya. Keempat, pengguna internet yang semakin menggunung merupakan potensi pasar yang sangat luas. Kelima, biaya pendiriian toko sangat rendah, bahkan ada platform “e-commerce” yang sama sekali tidak membebankan biaya registrasi ataupun pendirian toko. Paling tidak, anda hanya perlu domain dan hosting.
Biaya operasional toko ketika sudah mulai berjalan pun dapat ditekan. Selama bisnis dalam tahap pengembangan, tim pengelola dapat menekan seminimal mungkin. Hingga sekarang, ada beberapa toko online yang pengelolanya hanya dua atau tiga orang namun sudah mencetak transaksi hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya. Bisinis online memiliki pilihan metode pemasaran yang beragam. Wirausahawan yang mahir semakin lihai dalam menggunakan berbagai jaringan sosial dan forum untuk mempromosikan bisnisnya secara gratis meraih pembeli dan bahkan komunitas yang relevan.

Kelanjutannya baca di Membuat Toko Online (Bagian II)

Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia