Kelebihan dan Kekurangan Toko Online

Kelebihannya :

Jangkauan dan target pasat yang luas

Dengan toko online, anda bisa memasarkan produk sampai keujung dunia sekalipun. Target pasar yang dimiliki diinternet sangatlah besar dan luas, tidak terbatas oleh ruang dan waktu, maka siapapun bisa berbelanja ditoko online anda. Yang terpenting nanti adalah bagaimana penyajian dan teknik promosi yang dilakukan pada toko online anda.

Modal yang relatif kecil

Tidak butuh modal hingga puluhan juta rupiah untuk mulai membangu toko online impian anda. Yang diperlukan hanyalah website, aplikasi penunjang toko online, produk, dan tambahan dengan manajemen yang baik.

Tidak butuh banyak lahan seperti didunia nyata

Tidak perlu repot - repot cari lokasi lahan untuk mendirikan toko online. Yang perlu anda lakukan dan sebagai langkah awal anda memulai adalah hosting. Tinggal Upload website anda lalu onlinekan di internet.

Menambah banyak teman baru

Karena jangkauan pasar dari toko online sangatkah luas, maka tidak heran akan banyak sekali teman yang baru bisa anda dapatkan dari jual beli secara online. Menurut pengalaman kebanyakan orang yang pusa dengan layanan toko kita, maka pasti mereka mengingat kita. 

Promosi murah dan hasil segudang

Anda tidak perlu banyak menghabiskan uang untuk mempromosikan toko online anda. Cukup manfaatkan beberapa layanan seperti situs iklan baris, Google Adwords, Forum, Jejaring sosial dan mailing list, maka anda bisa berpromosi dengan mantab dan hasilnya juga sangat memuaskan.

Kekurangan :

Butuh proses pengiriman

Salah satu kekurangan utama dari toko online adalah proses pengiriman. Karena jangkauan yang sangat luas, maka pembeli produk akan banyak berasal dari luar daerah anda, untuk itu dibutuhkan jasa kurir untuk mengirim barang yang dibeli. Akibatnya waktu yang dibutuhkan supaya barang bisa sampai di tanganpembeli membutuhkan waktu lebih lama

Adanya biaya pengiriman

Karena menggunakan jasa kurir, maka dapat dipastikan anda akan merogoh kocek lebih dalam untuk mengirimkan barang.untuk itulah, biaya tambahan untuk mengirim barang harus sudah kita siapkan dalam membangun sebuah toko online.

Tingkat kepercayaan

Karena maraknya penipuan online, jelas orang akan sedikit ragu - ragu dalam berbelanja melalui toko online. Untuk itu, penting bagi kita supaya selalu memberikan pelayanan yang terbaik agar konsumen memberi kepercayaan pada pelayanan kita. 

Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia