Pilihan CMS Gratis untuk Toko Online


CMS (Content Management Sistem) yaitu sebuah aplikasi web atau software web yang berguna untuk memudahkan pengelolaan didalam mengupload, mengedit, menambahkan, dll kontens baik itu post, halaman, gambar dalam sebuah website tanpa harus dibekali memiliki kemampuan teknis bahasa pemrograman. Jadi pada intinya untuk memudahkan para pengguna awam untuk mengelola website. 
CMS untuk toko online untuk para pemula tidak perlu menggunakan Website Berbayar, Untuk menjajakinya gunakanlah dulu Web gratsi, Domain dan Hosting Gratis dan Juga CMS Gratisan yang banyak disediakan oleh Penyedia Website. Sebelum lebih lanjut tentang CMS gratisan untuk mengetahui kepentingan pembuatan website ada baiknya anda membaca tulisan di sini Mengapa Membuat Toko Online ?
Beberapa pilihan dalam menggunakan CMS ini, masing – masing platform menyediakan content yang menarik dan memiliki fitur yang lengkap. Dari beberapa CMS yang ada berikut adalah beberapa content yang menurut penulis paling relevan dan gratis.
  1. WORDPRESS
    Wordpress ini cukup populer, Hadir di tahun 2003. Pada awal penggunaannya popular digunakan sebagai mesin blog, sekarang wordpress sudah dikembangkan menjadi CMS. Wordpress merupakan CMS opensource, yang artinya bisa dilihat source codenya oleh siapapun, dari kelebihan tersebut kini wordpress semakin lengkap fiturnya dan populer. Inti dari CMS worpress yaitu bahasa pemrogaman PHP dan basis data MySQL. Keunggulan: Gratis, OpenSource, User Friendly, Banyak Plugin, Kemampuan SEO yang handal.
  2. JOOMLA Pertama kali muncul pada tahun 2005 (Wikipedia), versi pertama joomla adalah 1.0.0.Pada dasarnya Joomla sama seperti Wordpress, dibangun dengan bahasa pemrogaman PHP dan basis data MySQL. Joomla mendukung bahasa HTML5 sehingga akan lebih mudah jika akan membangun sebuah website. Untuk pengguanannya dan fiturnya, Joomla berada di antara Wordpress dan Drupal. Jika ada perbandingan Wordpress, Joomla penggunaannya lebih sulit dan fiturnya lebih sedikit. Keunggulan: Gratis, OpenSource, Banyak modul yang tersedia.
  3. DRUPAL Drupal memiliki kepopuleran juga tak kalah dengan Wordpress. Sama dengan jommla dan wordpress, Drupal dibuat dengan bahasa pemorgaman PHP nmaun banyak pilihan untuk basis datannya, seperti MySQL, PostreSQL, SQLite, MariaDB, dan MsSQl. Selain itu juga ada beberapa pilihan untuk web servernya, diantaranya adalah Apache, Nginx, dan IIS. Meskipun tingkat kesulitannya dalam menggunakan drupal melebihi wordpress dan joomla, tetapi platform yang satu ini sangat powerfull dan flexibel. Keunggulannya: Gratis, OpenSource, dan banyak penggunanya.
  4. OPENCART OpenCart sangat mudah digunakan apalagi untuk aplikasi web e-commerce, membuat toko online sangat mudah tanpa mempelajari program web. Beberapa fitur yang mendukung toko online di OpenChart adalah sebagai berikut:
§  Bersifat Open Source, sehingga Open Cart terus berkembang.
§  Kategori produk tidak terbatas (Unlimited Categories).
§  Produk tak terbatas (Unlimited Produk).
§  Manufaktur tak terbatas (Unlimited Manufacture).
§  Jumlah halaman tak terbatas (Unlimited Pages).
§  Jumlah module tak terbatas (Unlimited Modul Instance System).
§  Memiliki fitur multi bahasa (Multi Language).
§  Memiliki fitur multi mata uang (Multi Currency).
§  Template dapat diganti dengan mudah dan tersedia template gratis dan berbayar.
§  Pada halaman produk terdapat diskripsi, review, dan rating untuk pengunjung.
§  Pada halaman produk terdapat fitur “Related Produk” untuk produk-produk lainnya.
§  Terdapat fitur Wish list dan Compare untuk pengunjung.
§  Gambar produk dapat diperkecil otomatis sesuai dengan keinginan.
§  Pajak untuk penjualan produk dapat diatur dengan mudah.
§  Memiliki fitur kalkulasi ongkos kirim.
§  Terdapat fitur membuat diskon atau kupon untuk promosi.
§  SEO Friendly untuk On Pages dan Off Pages.
§  Website dan database dapat dibackup atau di restore dengan mudah.
§  Struk pembelian (invoice) dapat diprint oleh pengunjung setelah berbelanja.
§  Laporan Penjualan (Sales Report) dapat diupdate.

Dari beberapa pilihan CMS yang ada maka kalian dapat memilih kira – kira mana CMS yang cocok dan lengkap untuk kalian dalam membuat web toko online. Masing – masing memiliki keunggulan dan kelemahan dalam penggunaanya, tergantung masing – masing kalian lebih suka dengan yang mana. 
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia