Mengenal Apa itu Domain ?

Apakah itu domain ? Domain merupakan alamat (nama unik) yang digunakan utnuk mengunjungi website anda. Umumnya sebuah nama domain berakhiran .com, .net, .info, .co.id, .asia, .cc, .tv dan kalau di Indonesia kita biasa mengenal .id, .or.id, co.id, dan lain - lain. Contoh domain misalnya : www.kursuskomputertop.or.id, www.lpk-unigama.com dan lain sebagainya. Nah domain antara satu website satu dengan website yang lain pasti berbeda.

Domain sebenarnya adalah sebuah alamat website yang semula berbentuk IP (nomor) Address tertentu, misalnya: 192.982.19, tentunya akan cukup sulit intik kita ingat, berbeda jika domain tersebut berupa alamat yang mudah diingat, dan karena itulah antara domain yang satu website dengan domain yang website yang lain juga harus berbeda.

Sebenarnya nama domain dapat anda daftarkan sebanyak mungkin selama Nama Domain tersebut masih tersedia dan belum dibeli/disewa oleh orang lain. Berhubung pendaftaran nama domain itu dihitung per tahun. Jika Anda mendaftarkan sebuah nama domain, maka nama domain tsb milik Anda selama Anda memperpanjangnya. Apabila nama domain Anda tersebut telah expired/jatuh tempo dan Anda tidak memperpanjangnya, maka nama domain tersebut dapat lepas ke umum dan didaftar/dimiliki oleh orang lain.

Fungsi dari domain bukan hanya sekedar alamat dari website anda, melainkan penting artinya bagi kemajuan bisnis toko online anda. Mengapa ? 

Domain ada dua jenis, yaitu domain ang gratis dan berbayar. Domain gratis disebut second level domain (domain semi profesional) sedangkan untuk domain berbayar disebut Top Lavel Domain (Domain profesional). Sebenarnya mengoptimalkan website menggunakan domain gratisan bisa, namun kurang efektif karena adanya pengaruh logaritma baru dari mesin pencari Google.
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia