Tips dan cara memilih Program Studi/Jurusan di Perguruan Tinggi yang baik



Kali ini kursuskomputertop.or.id akan memberikan tips simple, coba disimak yaa,. !
Memilih jurusan/program studi bukan urusan yang mudah dan bukan persoalan yang sepele. Banyak faktor yang harus diperhitungkan dan dipikirkan secara benar. Memilih secara tergesa - gesa tanpa memperhitungkan segala aspek akan berakibat fatal mulai sadar sudah terlambat bahwa jurusan yang di ambil tidak sesuai dengan kepribadian sampai pada drop out (DO) atau di keluarkannya mahasiswa/i karena dinyatakan tidak mampu mengikuti pendidikan yang diikuti. Maka dari itu pemilihan sedini mungkin harus mulai dipertimbangkan. Salah pilih jurusan merupakan bencana dan kerugian yang besar bagi masa depan anda.

Cara memilih perguruan tinggi yang baik :

1. Menyesuaikan cita-cita, minat dan bakat.

Bagi yang telah memiliki cita-cita tertentu, maka lihatlah jurusan apa yang dapat membawa menuju profesi atau pekerjaan yang diinginkan tersebut. Janganlah memilih jurusan teknik geodasi jika anda ingin menjadi seorang dokter ahli kandungan.
Sesuaikan jurusan yang anda ambil dengan minat dan bakat. Jika tidak suka hitung - hitungan janganlah mengambil jurusan matematika. Kemudian lihatlah bakat anda saat ini. Mengembangkan bakat yang sudah ada disertai rasa suka dan cita-cita pada suatu jurusan studi akan mnejadi pilihan yang tepat.

2. Informasi yang sempurna.

Carilah informasi yang banyak sebagai bahan pertimbangan anda untuk memilih jurusan, cari dan gali informasi dari banyak sumber seperti orang tua, saudara , guru, teman, bimbel, tetangga, konsultant pendidikan, kakak kelas, teman mahasiswa, profesional dan slain sebagainya. Jangan mudah terpengaruh oleh orang lain yang kurang menguasai informasi atau ikut - ikutan teman.

3. Lokasi dan Biaya.

Bagi orang yang hidup dalam ekonomi kelas atas, memilih jurusan tidak akan menjadi masalah. Biaya yang nantinya harus ditanggung dapat diselesaikan dengan mudah, baik pengeluaran studi, biaya hidup, lokasi tempat tinggal dan sebagainya. Bagi masyarakat golongan meengah kebawah, lokasi dan biaya merupakan masalah yang sangat diperhitungkan. Jika dana yang ada terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal. Pilih juga tempat kuliah yang biaya oendidikannya tidak terlalu tinggi. Jangan jadikan pula uang sebagai faktor yang sangat menghambat masa depan anda.

4. Daya tampung jurusan/Peluang diterima.

Perhatikan daya tampung suatujurusan di PTN atau PTS favorit. pada umumnya memiliki akuantitas yang terbatasdan diperebutkan oelh banyak orang. Jangan membebani diri anda dengan target kuliah ditempat tertentu dengan jurusan tertentu yang favorit. Buat banyak pilihan tempat kuliah berserta jurusannya. 

Baca Juga Hal penting perlu anda ketahui dalam memilih Perguruan Tinggi

Ukur kemampuan untuk melihat sejauh mana peluang menempati suatu jurusan ditempat favorit. Pelajari soal-soal seleksi dan ikuti ujian try out sebagai percobaan anda dalam mengukur kemampuan yang anda miliki. jika pada ujian masuk Perguruan Tinggi ada 2 jurusan yang dapat dipilih. Pilih salah satu jurusan yang sesuai dengan kemampauan anda dan pilih jurusan yang lain atau lokasi lain sesuai dibawah kemampuan anda.

5. Masa depan karir dan pekerjaan.

Lihatlah kedepan setelah anda lulus nanti. Apakah jurusan yang anda ambil nanti dapat mengantar anda untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik ? Banyak jurusan - jurusan yang saai ini lulusannya menganggur. Akibat salah masuk jurusan dan tidak memiliki keahlian/pengalaman yang mendukung.
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia