Sejarah dan perkembangan Nootbook (Bag. I)


Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan tidak hanya dapat digunakan sebagai alat perhitungan matematika biasa, tetapi juga bisa digunakan untuk mengolah data.

Baca Juga Membuat Akun di Google dan Manfaatnya

Sejak awal ditemukan hingga sekarang, alat pengolah data bisa kita golongkan kedalam empat golongan besar sebagaiberikut :

1. Peralatan manual

Peralatan pengolahan data yang sangat sederhana. Faktor terpenting dalam pemakaian alat jenis ini adalah menggunakan tenaga manusia.

2. Peralatan Mekanik

Peralatan yang sudah berbentuk yang digerakkan dengan tangan manual manusia.

3. Peralatan mekanik elektronik

Peralatan mekanik yang digerakkan oleh motor eletronik secara otomatis

4. Peralatan Elektronik

Peralatan yang berkerja secara elektronik penuh

Sekitar 5000 tahun yang lalu, di Asia kecil ditemukan abacus, yang dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Abacus masih digunakan di beberapa tempat saat ini. Sedangkan komputer generasi pertama mulai berkembang sejak terjadinya perang dunia kedua. Sejah saat itu, perkembangan perkembangan komputer sangat begitu cepat dan cepat dengan ditemukannya transistor dan integrated circuit (IC), hnigga sampai pada komputer generasi ke empat dan sekarang yangf sedang ramai dipasaran adalahnootbook.

Sebelum nootbook secara teknik diperkenalkan, ide tentang komputer yang mudah dipindahkan telah dikemukakan oleh Alan Kay. Hal ini terlihat pada konsep Dynabook yang dikembangkan oleh Xerox PARC (Palo Alto Research Center) pada awal tahun 1970-an. Konsep ini merupakan pengembangan dari prototype Alto yang juga dikenaldengan Xerox PARC. (bersambung)


Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia