Mengetahui Komponen Hardware dan Software Notebook


Sebelum menggunakan notebook dan belajar memperbaiki kerusakan - kerusakan yang terjadi, sangat penting untuk mengetahui detail komponen yang terdapat pada notebook secara lengkap, baik komponen hardware maupun software. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai bagian hardware. Setelah itu baru menyusul software.

Hardware atau perangkat keras komputer  dapat dikelompokkan kedalam empat komponen utama, yaitu input device, cemtral processing unit (CPU), backiing storage (storage devices), dan output devices. Input devices dan output devices dikelompokkan dalam satu bagian yang disebut periferal, terletak disisi luar casing komputer. CPU dan backing storage dikelompokkan sebagai komputer, dan biasa terletak di dalam casing utama komputer. 

Berikut ini adalah beberapa detail komponen yang merupakan bagian utama dari komponen hardware notebook. 

a. Motherboard

Seperti halnya dalam komputer PC, motherboard dalam notebook memuliki fungsi utama sebagai penempatan alat - alat atau komponen untuk menunjang komputer agar dapat berjalan fungsinya. 

b. Chipset Motherboard

Chipset berguna mengatur dan membagi aliran listrik, serta membagifungsi - fungsi dalam motherboard.Chipset dikenali dengan mambaca label yang tercantum pada permukaannya.

c. Slot Prosesor

Berbeda dengan slot motherboard PC, beberapa ada yang menggunakan slot prosesor PC, tetapi standartnya menggunakan prosesor mobile.

d. Slot Memori/RAM/SODIM

Fungsi slot memori adalah untuk meletakkan RAM.RAM (Random Acces Memory) merupakan memori eksternal sebagai tempat menyimpan data sementara yang diproses oleh prosesor.

e. LCD

Semua notebook menggunakan LCD (Liquid Cristal Display) sebagai layar untuk menampilkan proses yang kita kerjakan. LCD memiliki sifat yang sangat sensitif , terutama terhadap suhu yang signifikan.

f. Inverter

Inverter adalah suatu rangkaian kecil yang berfungsi sebagai konektor atau alat yang menghubungkan LCD dengan mainboard notebook.

g. Keyboard dan Mouse

Berbeda dengan komputer, keyboard dan mouse pada notebook tergabung menjadi satu di dalam rangkaian umumnya diatas maiboard. Ukurannya hanya seperempat dari keyboard PC, dan pengkoneksiannya menggunakan kabel flexible. Apabila keyboard dan mouse rusak kita masih dapat menggunakan keyboard dan mouse eksternal  dengan memanfaatkan port USB/PS2.

h. Hardisk

Hardisk adalah media penyimpanan dalam skala besar yang menggunakan piringan logam. Hardisk noteboke seri lama menggunakan IDE, sedangkan notebook seri baru menggunakan SATA (transfer datanya yang lebih cepat).

i. Floppy Disk

Umumnya teknologi floppy disk sudah tidak dipakai di notebook, jadi pada notebook generasi Pentium 3 dan Pentium 4 sudah tidak menyertakan teknologi ini.

j. Optical Drive

Optikal drive pada notebook memiliki ukuran lebih kecil yaitu hanya setengah dari ukuran optical drive pada PC. Karena ukurannya yang kecil, kemampuan membacanya juga lebih kecil. 

k. Slot PCMCIA

Slot ini merupakan Slot yang istimewa, karena hanya dipakai untuk notebook saja. Alat yang dipakai adalah berupa PC card yang seukuran dengan kartu ATM.

l. Infrared (Sinar Inframerah)

Infrared adalah alat atau media untuk melakukan transfer data dengan oiranti lainnya, seperti notebook atau ponsel yang menggunakan infrared.

m. Wifi

Wifi adalah teknologi lama dan sebenarnya sudah disertakan di beberapa notebook Pentium 3. 

n. Port USB

USB (Universal Seral Bus) adalah fasilitas yang sudah ada sejak generasi Pentium 1, walaupun dalam pemakaiannya masih ditemukan kesulitan - kesulitan yang umumnya adalah masalah driver (karena sebagian besar, bahkan hampir semua notebook Pentium 1 menggunakan sistem operasi yang belum mendukung fasilitas tersebut).

o. LAN

Port kamunikasi ini pada umumnya terdapat pada notebook. karena sering digunakan di jaringan -jaringan kantor.

p. Slot Card Tambahan

Fasilitas ini digunakan untuk dibeberapa notebook, tetapi tidak semua merek dan tipe notebook dapat menggunakan media card.

q. Firewire

Fasilitas ini digunakan untuk pengguna handycam atau camera digital agar dapat langsung men-transfer atau berkomunikasi dengan notebook.

r. Bloetooth

Fasilitas untuk transferdata ini biasanya disediakan di notebook Pentium 4 dan generasi diatasnya,sangat jarang atau bahkan tidak ada notebook generasi di bawah Pentium 4 yang menggunakan media ini.

s. Adaptor

Adaptor notebook berfungsi untuk memberi aliran listrik ke notebook sekaligus mengisi ulang baterainya.

t. Baterai

Komponen ini pasti terdapat didalam sebuah notebook, kecuali desknote karena desknote menggunakan baterai eksternal.

Baca Juga Jenis - jenis Notebook
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia