Jenis - jenis Notebook


Pada umumnya notebook tidak memiliki jenis - jenis khusus, desain dan teknologinya hampir sama dengan PC. Namun, ada notebook dengan model 'setengah' PC yang disebut dengan desknote (dekstop notebook). Deksnote tidak menggunakan baterai internal seperti halnya notebook, tetapi menggunakan baterai eksternal sebagai penyimpan daya saat tidak tersambing ke arus listrik melalui charges. Deksnote masih menggunakan tipr RAM seperti RAM PC.

Jenis notebook bisa dibedakan dari kegunaannya, dan masing - masing manufaktur terkenal sudah menyertakan fasilitas-fasilitas yang cukup untuk mendukung pekerjaan user-nya, sebagai berikut :

a. Multimedia

Untuk kalangan musisi, pencipta dan pengarransemen lagu, editor video, desainer, serta desain grafis sangat dianjurkan untuk memakai notebook produksi Apple yang menggunakan software atau sistem operasi macintosh. Produk-produk Apple sudah menyertakan aplikasi-aplikasi yang sangat berguna bagi editor video, gambar, atau musik yang tidak disertakan pada notebook yang lain. Mengunakan sistem operasi macintosh produk Apple akan sangat berguna dalam bidang multimedia.

Selain produk Apple yang menggunakan sistem operasi macintosh, ada juga produk yang ditujukan untuk multimedia dengan menggunakan sistem operasi Windows, yaitu Sony Vaio. Bentuk notebook yang elegan memang diperuntukkan bagi orang - orang yang berkerja di multimedia.

b. Operasi Perkantoran

Orang - orang yang berkerja dikantor atau perusahaan biasanya tidak memerlukan jenis notebook tertentu. Karena hal terpenting untuk kalangan ini adalah notebook yang dapat menunjang kinerja mereka dalam memproses data, koneksi internet, ataupun presentasi. Dilihat dari bentuknya kalangan ini lebih memilih notebook dengan ukuran laya14, 15, sampai 17nch karena lebih dipakai untuk tujuan bisnis. Kelengkapan port juga dibutuhkanuntuk mengkoneksikan ke berbagai peralatan output/periferal lainnya, seperti LCD proyektor, printer dan handphone. Beberapa merek sering menggunakan dalam hal ini adalah Toshiba, IBM dan Compac.

c. Lifestyle dan Traveling

Pada umumnya anak muda lebih menyukai notebook dengan desainyang stylish dan keren, edngan spesifikasi yang tinggi uantuk aplikasi game. Sedangkan orang - orang yang sering berpergian lebih menyukai bentuk notebook yang simpel, layar yang kedil dengan kisaran 11 dan 12 INCH, sehingga mudah untuk dibawa atau dimasukkan ke dalam tas diantara tumpukan pakaian tanpa menggunakan tas tambahan yeng tentunya sangat merepotkan user
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia