Cara Membuat hitung mundur di Ms. Power Point


Jika anda sedang mengadakan rapat, seminar, workshop atau sebagai dosen mengajar didepan kelas ada saatnya anda merasa kesulitan meminta hadirin untuk kembali ke kursi mereka untuk mengikuti presentasi anda setelah waktu jeda istirahat, anda bisa menggunakan slide yang menampilkan "hitung mundur" untuk membuat hadirin bergegas.

Baaca juga Tips menjaga kebersihan dan kerapian PC anda

Buat presentasi baru yang memuat sejumlah slide, sesuai lama waktu istirahat yang anda inginkan (10 atau 15 menit). Pada setiap slide, masukkan jumlah menit yang tersisa untuk istirahat, dan hitung mundur mneit demi menit. 

Katakan anda menentukan waktu istirahat 10 menit. Jalankan PowerPoint dan buatlah sebelas slide kosong. Pada slide pertama, ketikkan " Presentasi akan segera dilanjutkan dalam waktu 10 menit"

atur agar semua teks berada di tengah dan tekan Ctrl-A untuk memilih seluruhnya. Kemudian tekan Crtl-C untuk menyalin seleksi tersebut. Pindahlah ke slide berikutnya dan tekan Ctrl-V. Sekarang klik teks yang menampilkan 10 dan ubahlah ke 9. Lanjutkan prosedur  ini sampai anda mencapai angka 1. Pada slide terakhir, masukkan teks berikut : "Waktu istirahat sudah habis. Silahkan anda kembali ke tempat duduk masing - masing." kemudian pilih Slide Show*Rehearsing Timing untuk membuat setiap slide berlalu selama satu menit.

Untuk mengatur waktu, pilih Slide Show*Slide Transition. Ketika kotak dialog Slide Transition terbuka, tandai kotak cek Automatically After dan masukkan 60 detik. Klik Apply to All untuk keluar dari kotak dialog tersebut dan menjalankan setting pada semua Slide dalam pertunjukan.
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia