Sejarah dan perkembangan Nootbook (Bag. II)


Komputer portabel pertama yang dipasarkan secar komercial adalah Osborne 1, yang dikembangkan pada tahun 1981. Komputer ini merupakan komputer pertama yang dapat dibawa kemana saja, walaupun saat menggunakan kita harus menghubungkan dengan daya listrik rumah.

Baca Juga Sejarah dan perkembangan Nootbook (Bag. I)

Dengan kemudahan yang dimilikinya, seperti sifatnya yang portable, daya tahan baterai untuk pemakaian yang lama, dan harga yang bersaing, nootbook mengalami perkembangan yang pesat dengan jenis dan spesifikasi yang bermacam - macam, semakin banyak orang yang membutuhkannya. 

Seri notebook keluaran Apple Computer, Apple Power Books, mulai diluncurkan padatahun 1991. Ini adalah standar nootbook secara de facto yang terus bertahan hingga kini. Hal ini terlihat pada penempatan keyboard, tersediannya palm rest, dan trackball. Seri power book selanjutnya untuk pertama kalinya menggunakan layar dengan 256 warna (Power Books 165c keluaran tahun 1993), touchpad, dan perekam suara 16-bit. Selain itu juga terdapat Ethernet Network Adapter (seri Power Book 500 keluaran tahun 1994).

Musim semi tahun 1995 merupakan titik balik yang signifikan dalam sejarah komputer notebook. Pada Agustus 1995, Microsoft memperkenalkan Windows 95. Ini untuk pertama kalinya Microsoft memegang kendali penuh dengan menejemen sistem operasi (operating system). Windows 95 sangat cocok untuk diaplikasikan pada prosesor Intel Pentium, dan sesuai dengan ROM yang ada pada notebook.
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia