Apa itu Google SEO itu dan Bagaimana Sejarahnya ?


Optimalisasi medin pencari (bahasa inggris; Search Engine Optimization , biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic kunjungan melalui mesin pencari menuju situs/ web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau alogaritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs / web pada posisi teratas atau setidaknya pada halaman pertama dari hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs/web yang menempati posisi atau rangking teratas pada hasil pencarian akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Baca Juga Membuat Akun di Google dan Manfaatnya

Sejalan dengan semakin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan tas SEO juga semakin menaikkan atau meningkatkan traffic. Dengan berada di posisi teratas hasil pencarian dakan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasarana yang berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimasi mesin pencari bagi perusahaan - perusahaan yang memiliki bisnis usaha di internet.

Sebagai sebuah search engine terbesar didunia, Google tentunya menjadi incaran bagi para netter untuk dimanfaatkan untuk membuat website yang mereka kelola semakin populer, Bisnis dan layanan SEO pasti akan semakin populer pasti akan berkembang pesat seiring dengan berkembangnya pertumbuahan web sehingga situs harus berusaha lebih keras agar alamatnya mudah ditemukan oleh pengunjung diantara jutaan alamat situs yang lainnya. 

Sejarah dan perkembangan Google SEO 

Menurut Danny Sullivan, istilah Search Engine Optimization (SEO) ertama kali digunakan pada tanggal 26 juli 1997 oleh sebuah pesan spam yang di-posting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

versi awal algoritma versi pencarian sepenuhnya didasarkan pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs/web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang kontens yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword)

Sebagian webmaster akan melakukan manipulasi dengan cara menulis kata kunci yang tidak sesuai dengan kontens situs yang sesungguhnya sehingga mesin pencari akan salah menempatkannya dan akan membuat oeringkat terhadap situs tersebut. Hal ini akan menyebabkan mesin pencarian tidak akurat dan menimbulkan kerugian, baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Larry Page dan Sergey Brin adalah dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Stanford yang berusaha mengatasi permasalahan itu. Mereka akhirnya membangun Backrub, yaitu sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk membuat peringkat halaman web.

Algoritma tersebut bernama Page Rank, yaitu fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi perhitungan numlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis terhadapa kualitas masing - masing link tersebut. backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998, Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat , Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tiadk dimanipulasi), cepat dan relevan. Page Rank lantas menjadi standar , baik bagi mesin pencari lain maupun webmaster yang berusaha agar situs/webnya memperoleh nilai Page Rank yang setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi dari hasil pencarian.
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia