Apa saja sih Komponen dasar Optical Drive/CD/DVD ROM ?


Beberapa komponen yang terdapat pada CD/DVD ROM, sebagai berikut :

Diode laser

Komponen diode laser merupakanperangkat puck up, terdiri dari foto dioda empat elemen, sensor goto dioda, dioda - dioda laser, dan kumparan servo penjejakan. Perangkat dioda laser dipasang dibawah compact disk dan bersinar ke atas pada sisi yang bercahaya atau sisi bawah disk.

Motor luncur

Motor luncur dikendalikan oleh sinyal dari IC penggerak fokus penjejakan dan dialirkan ke penguat sled dan rangkaian penguat keluaran. Motor luncur berguna untumenggerakkan perangkat optik.

Baca Juga Jenis kerusakan layar notebook

Motor Penggerak

Komponen ini berguna untukmemutar disk. Alat ini sangat peka dan dikendalikan oleh penguat servo dan IC pengatur CLV (constant linier velocity) atau kecepatan linier konstant.

Motor penggerak kotak pemuat

Komponen ini berfungsi mendorong keluar kotak pemuat dan memasukkan disk ke perangkat pick up optic. Sinyal pengendali motor penggerak diatur oelh IC pengatur mekanik. Terkadang, jikakepingan CD yang dimasukkan terbalik, penggerak disk akan otomatis mengeluarkan CD dalam beberapa detik.

Rangkaian kesalahan fokus

Komponen ini didesain untu mendeteksi perubahan - perubahan jarak antara dusk dengan head dan memastikan bahwa laser terfokus dengan benar pada permukaan disk. Pick up laser harus tetap terfokus pada permukaan disk untuk membaca informasi yang teliti. Jika fokus pada lubang  - lubang sinar  menjadi kabur, servo fokus akan menggerakkan lensa objektif keatasdan kebawah. Untuk membetulkan fokus, rangkaian penguat kesalahan mengkoreksi setiap kesalahan dan menjaga sinar laser tetap terfokus dengan sempurna. Jika tetap tidak fokus, lakukan kalibrasi dengan memutar servo fokus ke kiri atau ke kanan.
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia