Tip - Tip Memilih Monitor (Bag. I)


Monitor merupakan peripheral PC yang akan anda gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Upgrade monitor biasanya jarang dilakukan dibandingkan dengan upgrade CPU, hardisk, atau kartu VGA. Alasan pertama tentu karena harga monitor cukup mahal, dan pada saat membeli anda pasti mempertimbangkan untuk pemakaian minimal 3 tahun. Lalu apa saja yang perlu anda perhatikan ketika memilih monitor ? Berikut beberapa tips yang dapat membantu anda menemukan monitor yang terbaik untuk anda.

Baca Juga Komponen dasar Optical Drive/CD/DVD ROM

Tip - Tip Memilih Monitor (Bag. II)

Tentukan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Akan anda gunakan untuk apa monitor yang anda beli tersebut, untuk mengerjakan aplikasi kantor biasa - seperti spreedsheet dan mengolah kata, untuk browsing web, game atau untuk mengerjakan desain grafis ? Monitor tersedia untuk berbagai ukuran mulai dari 14" sampai dengan 40". mungkin sudah waktunya mengabaikan monitor 14" karena perbedaan harga antara monitor 14" dengan 15" hanya terpautsedikit saja, dan anda akan memperoleh tampilan yang lebih lega untuk sebuah peralatan yang anda gunakan selama bertahun-tahun. Jika anda akan menggunakannya untuk membuat desain atauuntuk game, monitor minimal ukuran 17" merupakan sebuah pilihan ideal. Namun perbedaan harga antara monitor 15" dengan 17" lumayan jauh karena tambahan daerah pandang yang akan anda peroleh pun juga lumayan besar.

Perhatikan daerah pandang (viewable size)!

Setelah mememutuskan ukuran monitor yang anda akan beli perhatikan daerah pandang yang disediakan. Meskipun sama-sama berukuran 17", daerah pandang yang diberikan antara monitor yang satu dengan yang lain bisa berbeda, antara 15,8" sampai 16,1". LCD monitor dan dan monitor layar datar sekarang sudah memiliki daerah pandang yang lebih luas. Anda bisa mengurangi anggaran dengan mengurangi resolusi yang tidak anda gunakan, namun jangan mengorbankan rafresh rate.

Jika anda membeli sebiah monitor untuk mengolah dokumen atau browsing web. moniotor dengan resolusi 1024x768 sudah mencukupi. Resolusi ini sudah didukung oleh monitor 15" dan semua monitor 17". Meskipun monitor mendukung tingkat resolusi tertentu, kadang-kadang anda tidak bisa untuk menggunakannya, karena refresh rate yang rendah atau memori VGA yang tidak mencukupi. Jika ada dua monitor yang memiliki resolusi dan dot pitch yang sama, namun salah satu monitor tersebut harganya lebih murah, mungkin monitor yang lebih murah tersebut tidak memiliki refresh rate yang mencukupi. Rendahnya resfresh rate akan menyebabkan monitor tampak berkedip yang bisa menyebabkan kerusakan mata.

Resolusi yang paling nyaman digunakan untuk monitor 14" dan 15" adalah 800x600 dpi. Sedangkan resolusi maksimalnya adalah 1024x768 dpi. Sedangkan resolusi ideal untuk 17" adalah 1024x768. Resolusi 1280x1024 sebaiknya digunakan untuk monitor diatas 19" ke atas. Anda tidak perlumengeluarkan anggaran untuk resolusi yang tidak anda butuhkan, kecuali anda pemakai aplikasi desain grafis atau anggarantidak menjadi masalah bagi anda.

Resolusi dan refresh rate dibatasi oleh bandwidth (transmisi data dari PC ke monitor dalam satuan waktu). Resolusi yang semakin tinggi biasanya akan mengorbankan refresh rate, maka harus diperhatikan kompromi yang ideal antara resolusi dan rafresh rate. VESA (Video Electronics Standars Association) merekomendasikan standar refresh rate adalah 85Hz. Refresh rate diatas 85Hz tentu semakin bagus meskipun dampak tampilan sudah tidak terasa bagi mata. Para vendor monitor pun terus mengembangkan tingkat refresh rate menuju standar minimal 100Hz.

Jika anda butuh kualitas, perhatikan kerapatan pixel

Salah satu yang ikut menentukan kualitas monitor adalah kerapatan pixel (dot pitch). Semakin dekat jarak antara setiap celah pada apeture mask maka gambar yang dihasilkan akan semakin halus dan tajam. monitor 15" biasanya memilikikerapatan pixel 0,28mm. Sedangkan untuk monitor 17" atau yang lebih besar memiliki kerapatan 0,26mm atau semakin kecil. meskipun monitor memiliki dot pitch yang sama namunbelum tentu memiliki tampilan kulitas yang sama karena teknologi yang digunakan masing-masing manufaktur bisa menentukan penghitungan dot pitch yang berbeda. Penghitungan dot pitch monitor yang menggunakan teknologi dot mask sedikit berbeda dengan yang menggunakan teknologi dot mask dan slit mask.

Namun secara rata-rata, kerapatan pixel 0,28 sedah memadai bagi pengguna PC biasa, seperti menjalankan aplikasi game, video, dan software pengolahan data pada umumnya. Namun jika anda menggunakan untuk aplikasi desain grafis high-end perhatikan kerapatan pixel yang lebih kecil.


Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia