Tip - Tip Memilih Monitor (Bag. II)


Sebelum melanjutkan artikel berikut alangkah baiknya jika anda membaca tip - tip memilih monitor bag I  seperti kita tahu pada bagian satu sudah dijelaskan mengenai 3 hal untuk memilih monitor diantaranya, menentukan ukuran sesuai dengan kebutuhan, perhatikan daerah pandang, perhatikan kerapatan pixel.

Pariksa kartu grafis

Monitor hanyalah salah satu bagian dari tampilan grafis. Gambar yang tampil di layar dikendalikan oleh kartu grafis, sehingga kartu yang tidak memadai bisa menurunkan kualitas monitor. Jika anda membeli monitor satu paket dengan PC, kartu grafis yang menyertai monitor tersebut monitor tersebut mungkin sudah cocok. Namun jika anda membeli monitor dan kartu grafis secara terpisah, pastikan kartu grafis anda mampu menangani resolusi maksimal moniotr anda. Misalnya utnuk monitor 17", setidaknya kartu grafis anda sudah mendukung resolusi 1280x1024, karena hampir semua monitor 17" menawarkan resolusi 1280x1024 atau lebih.

Jumlah warna yang dapat anda lihat pada resolusi yang disediakan juga tergantung pada besarnya memori kartu grafis yang ada. Jika ingin mendapatkan warna 32-bit, atau 16,7 juta warna, anda butuh setidaknya memori 16MB. 

Perhatikan memenuhi standar radiasi

Monitor memancarkan radiasi elektromagnetik. Pastikan monitoryang anda beli memenuhi standar radiasi seperti MPR II yang dikembangkan oleh Swedish Labor Union tahun 97 dan TCO. TCO 92 yang kemudian dikembangkan dengan TCO 95 merupakan standar yang lebih ketat lagi terhadap pancaran radiasi dan bahwa monitor tersebut tidak mencemarkan lingkungan atau bisa didaur ulang dengan aman. 

Jangan hanya mencari harga mudah dan perhatikan garansi

Harga murah tentu sangant menarik perhatian, tetapi kadang - kadang pengurangan harga hanya trik untuk mengalihkan perhatian dari biaya tambahan featur atau layanan yang menarik, seperti peningkatan resolusi, dot pitch, tambahan USB atau garasi.

Jangan terkecoh juga dengan harga yang jauh di bawah harga standar, karena cukup banyak produk refubish (daur ulang) yang beredar di pasar. Untuk menghindari produk-produk ini, anda perlu memastikan untuk memperoleh garansi dari vendor. Masing-masing vendor memberikan garasi yang berbeda, antara 1 tahun sampai dengan 3 tahun.


Perlu speaker dan USB?

Speaker dan port USB merupakan opsi yang paling banyak ditawarkan ketika anda membeli monitor. andaakan mudah menemukan speaker yang terintegrasi pada monitor - monitor yang berukuran kecil, seperti 15", namun anda sulit menemukannya pada monitor 19" ke atas. Sedangkan port USB akan membantu monitor menghubungkan ke berbagai peripheral lain menjadi lebih mudah. Pilihan USB ini biasanya ditawarkan pada monitor 17" ke atas. Beberapa monitor terutama yang ditujukan untuk pemakai profesional menyertakan port USB built-in.
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia