Umumnya Jenis kerusakan hardware biasanya ini


Pada dasarnya kerusakan hardware yang terjadi pada notebook bisa berbeda - beda, tergantung dari jenis dan spesifikasinya, karena setiap merek dan tipe notebook memiliki karakter sendiri. Kerusakan secara umum yang sering terjadi pada hardware notebook adalah adalah ketika notebook mati total, hal iu biasanya disebabkan oleh hal berikut :

  1. Power pembangkitIC lemah atau mati, sehingga daya atau arus listrik tidak sampai ke prosesor, menyebabkan notebook tidak berkerja dengan semestinya.
  2. Prosesor lemah atau mati sehingga tidak bisa memunculkan proses.
  3. Sekring yang berada di dekat power suplay mati karena lonjakan arus listrik.
  4. Adaptor notebook lemah atau mati, sehingga kurang menyuplai arus.
  5. Baterai BIOS (umumnya pada baterai seri lama) meleleg sehingga mengenai rangkaian dan meyebabkan korslet.
  6. VGA card rusak, sehingga arus yang akan melewati VGA akan berhenti dan notebook tidak akan menyala/tidak tampil dilayar.
  7. Jack adaptor kendor atau lepas, sehingga arus tidak masuk ke notebook.
  8. Chipset mati atau rusak, sehingga tidak aa arus yang diteruskan.
  9. Ada jalur yang hilang, rusak atau terputus.
  10. Saat running Windows, notebook sering hang. Hal itu bisa disebabkan karena notebook terkena virus, harddisk lemah, atau terjadi bad sector, modem rusak, atau pendingin prosesor tidak berkerja dengan semestinya(karena kipas kotor yang menyebabkan peyebarab panas pada heat sink prosesor menjadi tidak merata).
  11. Saat running Windows, notebook mati dengan sendirinnya (bukan restart), kemudian beberapa saat kemudian notebook dapat dinyalakan kembali, dan berfungsi normal seperti biasa. Hal itu berarti kipas pendingin prosesor mati dan tidak berkerja secara optomal. Penyerapan panas idak merata menyebabkan suhu yang tinggi pada prosesor,dan mengirimkan pesan kepada IC pengontrol suhu untuk mematikan notebook sementara.
  12. Notebook bisa dinyalakan tetapi tidak ada tampilan di layar. Jika tombol Caps Lock dan Num Lock pada keybord ditekan, lampu indikatornya tidak menyala. Hal ini berarti prosesor dan RAM mati.
  13. Notebook berfungsi normal, tetapi dilayar hanya muncul bayangan tanpa ada cahaya. Hal ini terjadi karena:

    Inverter rusak atau tidak berkerja secara normal, sehingga neon tidak terkoneksi dengan ke layar. Solusinya adalah dengan mengganti atau men-service inverter.

    Neon pada layar mati. Solusinya adalah dengan mengganti neon pada layar dengan tipe yang serupa.
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia