Sebenarnya apa itu Komputer ?

kursus komputer

Pada pembahasan kali ini komputertop.or.id akan membahas lebih lanjut mengenai apa itu komputer, berbicara mengenai komputer secara umum dapat didefinisikan sebagai alat elektronik yang dapat menerima input data, mengolah data, dan memberiikan hasil dalam bentuk informasi dengan menggunakan program yang disimpan di memori dan dapat juga menyimpan program dan hasil pengolahan yang berkerja secara otomatis sehingga akan mempermudah pekerjaan manusia. Selain itu, komputer merupakan alat untuk informasi, komunikasi, dan hiburan.

 Sedangkan Sistem didefinisikan sebagai jaringan dari elemen-elemen yang saling berhubungan dan membentuk suatu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. Tujuan pokok dari suatu sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. 

Baca Juga : Tips menjaga kebersihan dan kerapian PC anda

Dalam penggunaan komputer terdapat tiga elemen yang berperan sangat penting, yaitu hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware (manusia). Dengan peragkat keras yang baik, kinerja sebuah komputer, akan sangat mendukung program orang yang menggunakannya. Tetapi bukan hanya perangkat keras yang berperan penting, perangkat lunak dan brainware pun sangat diperlukan. Pada brainware diperlukan SDM (sumber daya manusia) yang cakap dan mampu menjalankan sistem komputer yang digunakan. Untuk itu selain kecakapan dibidang perangkat keras juga diperlukan kecakapan dibidang perangkat lunak. 

Perangkat keras merupakan suatu elemen dari sistem elemen, suatu alat yang bisa diraba dan dilihat oleh manusia secara langsung yang mendukung proses komputerisasi. Perangkat keras komputer terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu CPU (Central Processing Unit), Input Device, dan Output Device.

Perangkat lunak berfungsi untuk mengontrol seluruh jalannya perangkat keras yang ada. Perangkat lunak juga merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Selain itu, perangkat lunak merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah dokumen, arsip lainnya dan merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri. Data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.

Ada beberapa jenis program komputer yang digolongkan ke dalam perangkat lunak, yaitu sistem operasi, program aplikasi, dan driver hardware.
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta, Indonesia