Apa yang anda ketahui tentang Prosesor ?

kursus teknisi komputer

Berbicara mengenai perangkat keras komputer yang satu ini tidak lepas dari pembahasan - pembahasan sebelumnya tentang komputer, yang sudah kursuskomputertop.or.id pernah jelaskan sebelumnya. Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai Prosesor dengan lebih luas. 

Baca Juga Perangkat Lunak Komputer 

Prosesor merupakan sebuah alat pusat pengendali komputer yang terhubung ke komponen lain sehingga mempengaruhikinerja perangkat lain dan saling berkerja sama antara saatu dengan yang lain. Prosesor itu adalah chip yang sering disebut microprosesor. Pada dasarnya prosesor itu dalam proses pembuatannya menggunakan teknologi silicone. Isi dari prosesor adalah chip, transistor, dan komponen elektronik lainnya yang mempunyai jumlah hingga mencapai jutaan.

Teknologi hingga sampai saat tahun 2008 masih menggunakan ketebalan silikon mencapai 0,13 micron, semakin tipis silikon akan semakin mengurangi panas, memerlukan power yang kecil, dan meningkatkan kinerja yang signifikan karena lebih banyak teknologi yang ditanam. Ukuran prosesor adalah dalam Mega Hertz (MHz) dan Giga Hertz (GHz), yaitu hitungan kecepatan dalam mengolah data/informasi. Semakin besar MHz pada prosesor maka akan semakin cepat proses mengolah dan mengakses informasi. Sesuai dengan waktu, evolusi generasi-generasi prosesor yang baru bermunculan dengan performansi yang lebih tinggi dan canggih, baik dari segi kualitas maupun kerumitan.

Pada saat ini di pasaran prosesor terdapat dua kekuatan utama yang bersaing, yaitu Intel dan AMD. Untuk prosesor yang beredar saat ini terdapat dua perbedaan, yaitu menggunakan slot dan soket. Untuk slot dapat ditemukan pada prosesor Pentium II, Celeron, dan Pentium III generasi awal. Setelah era Pentium III generasi awal tipe slot ini kemudian ditinggalkan lantaran ongkos produksinya yang lebih tinggi daripada memakai soket.

Seperti halnya Intel, AMD juga mulai meninggalkan sistem slot dan menggunakan slot untuk menanamkan prosesornya pada motherboard. Untuk masalah ketangguhannya antara Intel dan AMD, prosuk dari Intel dikenal sebagai penghasil prosesor yang stabil dan berkinerja tinggi. Namun AMD mampu menunjukkan kinerja yang tinggi pula dengan harga yang lebih murah. Hanya saja kelemahan prosesor AMD adalah cepat panas dibandingkan prosuk dari Intel.
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta, Indonesia