Tips menjaga kebersihan dan kerapian PC anda


PC yang bersih akan membuat hati anda senang. Akumulasi node, debu, asap, dan kotoran bisa menyebabkan berbagai jenis masalah antara lain mulai dari mouse yang melompat - lompat sampai PC yang tidak bisa dijalankan. Melakukan pekerjaan - pekerjaan berikut setiap enam bulan atau lebih sering jika komputer anda berada di ruangan yang berebu atau berasap akan membuat komputer anda berjalan lancar.

Baca Juga Tip - Tip Memilih Monitor (Bag. II)

1. Dapatkan perangkat yang tepat.

Komputer membutuhkan perangkat pembersih khusus. dan ingatlah aturan terpenting dalam membersihkan PC: Jangan pernah menyemprotkan cairan pembersih langsung ke mesin. Selalu semprotkan cairan pembersih tersebut ke sehelai kain.

2. Bersihkan kotak PC.

Ventilasi udara yang penuh kotoran akan bisa meningkatkan suhu PC anda. Bersihkan bagian kotak yang terbuka khususnya ventilasi untuk kipas catu daya dari debu yang menggumpal atau penghambat lain dengan kain pembersih atau udara terkompresi. Ketika menyemprotkan udara, cobalah untuk tidak menyemprotkan kembali ke dalam kotak

3. Bersihkan Motherboard.

Bukalah kotak PC anda. Cobalah untuk melepas debu dengan pembersih debu kecil. Sebaliknya, semprotlah setiap debu dengan udara terkompresi. pastikan anda menghilangkan debu dari kotaknya, bukan sekedar memindahkannya. Bersihkan permukaannya dengan kain pembersih atau cotton bud.

4. Bersihkan Mouse.

Atas kursor yang melompat dengan cara membersihkan mouse. Bukalah baut yang menutup maouse bersihkan dalamnya dengan kuas atau kain pembersih. 

5. Bersihkan Keyboard.

Semprotlah debu dari celah tombol dengan udara terkompresi atau dengan kuas. Bersihkan permukaannya dengan kain lembut yang dibasahi dengan cairan pembersih komputer (keduannya tersedia di toko komputer)

6. Bersihkan monitor.

Monitor bisa dibilang sebagai magnet penarik debu, jadi jangan heran kalau banyak sekali debu di layar. Bersihkan debu dari layar dengan kain lembut. Jika anda menggunakan cairan pembersih untk membersihkan debu yang membandel, pastikan monitor anda tidak menggunakan pelapis khusus yang mungkin bisa rusak karena cairan tersebut. Juga jangan lupa bersihkan debu dari ventilasi atau lubang di bagian belakang / atas monitor. 
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia