Apa saja itu Perangkat Lunak Komputer ?


Lusa kemarin kita telah membahas tentang komputer, dan perangkat keras. Pada kesempatan kali ini kursuskomputertop.or.id akan mengulas tentang perangkat lunak komputer. Adapaun sudah dijelaskan sebelumnya ada beberapa jenis program komputer yang termasuk dalam perangkat lunak komputer yaitu sistem operasi, program aplikasi dan driver hardware.

BACA JUGA Perangkat keras komputer 

Sistem Operasi

Sistem Operasi atau biasa disebut dengan Operating System (OS) komputer adalah sekumpulan program komputer yang saling integrasi, yang mengelola penggunaan perangkat keras yang ada pada sebuah komputer. Fungsi sistem operasi sendiri antara lain yaitu utnuk menejemen disk dan file, manajemen prosesor, manajemen memory, kontrol tampilan dan suara dan sebagainya. Pendek kata, sisitem operasi ini mengontrol seluruh hal yang terjadi dalam operasional sebuah komputer. Ada banyak macam sistem operasi yang dipakai untuk berbagai keperluan. Masing - masing sistem operasi memiliki keunggulan dan kelehan sendiri-sendiri. Berikut macam-macam sistem operasi yang ada:

  1. Microsoft DOS (Disk Operating System)
  2. Microsoft Windows (Windows 3.1, Windows 95, Windows 98, Windows ME, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10, Windows NT Server, Windows 2000 Server, Windows 2003 Server)
  3. Linux (SuSE, RedHat, Caldera, Mandrake, Debian, Corel Linux, Slakewave, dsb)
  4. Mac OS.
  5. IBM O/S 2 Warp.
  6. Unix (Sun Solaris, AIX, SCO dan lain-lain)

Program Aplikasi

Program Aplikasi atau biasa disebut aplikasi merupakan program yang berjalan pada sistem operasi, dan dibuat untuk membantu pengguna mengerjakan sesuatu untuk meningkatkan produktifitasnya. Ada banyak sekali aplikasi, yaitu:

  1. Aplikasi bisnis dan perkantoran

    Aplikasi bisnis dan perkantoran didominasi oleh Microsoft Office. Microsoft Office ini memiliki kumpulan aplikasi yang sangat familiar dengan pengguna, yaitu: Ms Word, Ms Excel, Ms Outlook, dan Ms Publiser. Sementara aplikasi bisnis yang berjalan pada linux antara lain: Star Office dan K-Office
  2. Aplikasi untuk hiburan

    Untuk palikasi hiburan, kita mengenal Windows Media Player, WinAmp, JetAudio, XingMPEG dansebagainya.
  3. Aplikasi untuk komunikasi

    Untuk aplikasi komunikasi, kita mengenal MiRC, Ms Netmeeting, Ms Outlook Express, ICQ dan sebagainya.
  4. Aplikasi grafis dan multimedia

    Untuk aplikasi grafis dan multimedia, kita mengenal Adobe Photoshop, CorelDRAW, Macromedia Freehand, ACDSeedan sebagainya
  5. Aplikasi teknik (CAD/CAM)

    Untuk aplikasi teknik kita mengenal Ms Visio, AutoCAD, dan sebagainya
  6. Aplikasi untuk utility dan anti virus

    Aplikasi untuk utility dan anti virus, kita mengenal Norton Utility, Norton Antivirus, McAfee Virus Scan dan sebagainya.
  7. Aplikasi untuk pemrograman komputer

    Aplikasi untuk pemrograman komputer kita mengenal Visual Basic, Delphi, C++ dan sebagainya
  8. Aplikasi server

    Untuk aplikasi server, kita mengenal Ms Personal Web Server, IIS untuk WinNT dan Win 2000, Ms Exchange untuk mail server, Apache Web Service dan sebagainya.


Driver Hardware

Driver hardware atau lebih dikenal dengan driver adalah aplikasi yang dibuat untuk membuat perangkat keras dapat berkomunikasi dengan sistem operasi. Driver dibuat oleh produsen pembuat perengkat keras. Misalnya perusahaan HP. mereka membuat driver untuk printer-printer produksi mereka. Setiap perangkat keras yang dijual disertai dengan driver buatan pabriknya. Tanpa driver, sebuah perangkat keras tidak dapat dikontrol dari PC.
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia