Hal utama yang prinsip dan elemen Desain Grafis

prinsip, desain grafis, frelance

Setelah anda ataupun siswa mengetahui apakah itu desain grafis dan seperti apa pekerjaan Freelance untuk memahami lebih jauh tentang desain grafis, anda harus memahai tentang prinsip dan elemen desian grafis itu sendiri, pada tulisan kali ini kursuskomputertop.or.id akan membahasnya lebih lanjut, sehingga akan memudahkan anda atau siswa memahami tentang hal tersebut diatas.

Pada suatu karya seni desain grafis pada saat hendak dibuat diperlukan suatu ide atau konsep awal yang brilian. sebagaimana yang kita tahu bahwa konsep tersebut difungsikan sebagai pengarah, acuan, standar yang dipakai dalam sebuah desain, konsistensi terhadap ide dan konsep merupakan tolak ukur atau parameter yang baik untuk melihat keberhasilan suatu karya desain itu sendiri. Pada proses penciptaanya sebuah karya desain tentu terbentuk dari beberapa elemen dasar. Hal itu dapat di jelaskan sebagai berikut :

Baca Juga Desain Grafis sebagai Komunikasi Visual


  1. Garis

    Garis - garis dalam desain grafis merupakan elemen yang membentuk sebuah karya seni, dari kumpulan - kumpulan garis yang tersusun tersebut karya seni diciptakan. Elemen garis merupakan hasil pembentukan dari berbagai titik yang dihubungkan satu sama lain. Garis dalam grafis dalam disajikan dalam bentuk horizontal, vertikal, zig-zag, kurva, diagonal, dan lain sebagainya. Dalam desain, garis dapat difungsikan sebagai penunjuk arah, dan pembagi bentuk atau ruang.
  2. Bentuk (shape)

    Bentuk bawaan atau standar dari masing - masing aplikasi akan mempermudah dalam pembuatan karya seni. Shape atau bentuk merupakan elemen yang diperoleh dengan menghubungkan beberapa garis. Bentuk dalam desain, dapat berupa kotak, segitiga, lingkaran, atau bentuk lainnya. Dlam Grafis, bentuk atau shapa dapat dikombinasikan untuk membuat gambar bentuk yang lebih kompleks.
  3. Warna

    Warna dalam grafis dapat diartikan sebagai pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan objek karya seni. Setiap warna dapat memberikan kesan dan identitas tertentu sesuai dengan kondisi sosialpengamatnya. Bagi kalangan atau komunitas tertentu, warna juga dapat memberikan makksud tertentu, setiap komunitas juga memandang warna dalam bentuk yang berbeda, sebagai contoh perbandingan misalnya di kebanyakan komunitas masyarakat Tionghoa  menganggap bahwa warna merah merupakan perlambangan dari kemakmuran, kebahagaiaan dan keberuntungan. Sebagian masyarakat kita berpendapat lain dengan warna kuning menandakan kemakmuran.
Dari pengamatan tersebut prinsip dan elemen yang perllu anda dan siswa kursus komputer unigama ketahui untuk menambah reverensi perbendaharaan desain grafisnya. Keterampilan komputer merupakan skill untuk itu perlu banyak dilatih dan dipraktekkan. Semakin anda terlatih menggunakan kemampuan yang anda timba lewat kursus maka akan semakin lihai dan cekatan dalam membuat desain grafis itu sendiri.

Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia