Menentukan target pasar pada bisnis toko online


Sebelum membaca artikel berikut baca juga artikel tentang Menentukan Produk Yang dijual di Toko Online dimana artikel tersebut membahas tentang apakah yang perlu dipilih untuk dijual dalam bisnis online, untuk bahasan kali ini kursuskomputertop.or.id akan melanjutkan bahasan seperti pada title diatas.
      Dalam dunia marketing, menentukan target pasar adalah prosedur yang sangatlah penting. Sama halnya dalam bisnis online, target pasar sangat penting untuk kita tentukan sebelum membangun toko online. Tentukan siapa sasaran atau pangsa pasar yang cukup potensial untuk di jadikan target, dari sini akan timbul pertanyaan mendasar yaitu : Siapakah sasaran pasar toko online anda ? Jika anda ingin menjual produk kepada orang Indonesia, maka sudah pasti toko online anda Berbahasa Indonesia. Disamping itu, perhatikan juga aspek lain seperti desain toko online. Jika target pasar anda para pria, gunakanlah warna yang disukai pria misalnya hitam, putih atau warna lainnya.

Pada dasarnya untuk ada 3 target pasar yang sangat postensial untuk dikelola para pebisnis online sekarang ini, antara lain :

1. Kawula muda.

Untuk anak muda disini yang ada di usia 10 s/d 30 merupakan psar yang sangat postensial, mengapa demikian karena mereka cenderung pada hidup yang dinamis, cepat akan memberikan gaya hidup baru mengikuti trend yang berkembang. Kegiatan mereka akan kebih banyak dihabiskan di gadget yang mereka pegang, karena disitu sosialisai mereka lakukan seperti sms, whatsapp, line, BBM, facebook, twiiter, instagram, kaskus dll.

2. Wanita.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa wanita merupakan target pasar yang sangat potensial, kita lihat saja di media elektronik banyak sekali iklan produk untuk perempuan. Ada 3 hal penting yang menjadi alasan antara lain

- Mereka penentu keputusan
Menurut penelitian lebih lanjut menunjukkan 75 % wanita menentukan pembelian. Para ayah membeli peralatan rumah tangga dengan pertimbangan dari istrinya.

- Kemampuan bisnis wanita semakin meningkat
Dengan semakin banyaknya wanita yang menginginkan bekerja sebagai wanita karier sudah menjadi fakta bahwa hal itu menunjukkan akan penigkatan kemampuan wanita dan keinginan yang kuat akan kesetaraan.

- Mereka hidup konsumtif
Sudah menjadi rahasia umumbahwa kebanyakan wanita itu sangat menyukai apa yang dinamakan shopping, setiap kali mereka di ajak ke Mall mereka akan membutuhkan waktu berjam - jam untuk memilih, membandingkan harga, menawar dsb untuk membeli.

3. Netizen.

Nitizen adalah sebutan untuk para penggila internet, semakin meningkatnya kemampuan masyarakat indonesia untuk membeli peralatan elektronik dan mempengaruhi kemampuan mereka dalam mengoperasikan gadget, laptop, computer untuk menggunakan internet.

Keterkaitan produk dengan target pasar juga perlu diperhatikan. Misalnya anda menjual peralatan memasak tentu tidak mungkin target pasar anda pria kantoran, untuk itu silahkan anda menentukan sedetail mungkin target pasar anda, karena kedepannya ini akan berpengaruh banyak.
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia