Kemapuan Bahasa dan Komunikasi menambah nilai plus orang Akuntansi

kemampuan kursus accounting

Hallo, Kawan jumpa kembali bersama kami di Lembaga Pendidikan Kursus Unigama Yogyakarta, kami akan semangat selalu memberikan segenap kemampuan kami untuk yang senantiasa menjaga  semangat dalam menjalankan segala aktifitas bersama dengan kawan – kawan semua.

Pada postingan kali ini kami akan membahas tentang pentingnya kemampuan bahasa dan komunikasi untuk kalian anak – anak atau orang – orang yang kompeten di bidang akuntansi. Ada satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pekerja akuntansi yang akan kami bahas melalui tulisan dalam postingan kursuskomputertop.or.id. Kemampuan apakah itu? adalah kemampuan bahasa dan komunikasi. 


Pada umumnya setiap masing – masing personal individu, secara naluri dan alamiah, memiliki kemampuan berkomunikasi terkecuali penyandang disability/cacat fisik tertentu. Namun, berkomunikasi di lingkungan masyarakat pada umumnya,tentulah tidak sama jika dibandingkan dengan berkomunikasi di lingkungan pekerjaan,profesional,bisnis.
Jika di lingkungan pada umumnya, komunikasi dapat berupa topik apa saja (sepanjang masih dalam kisaran norma yang berlaku). Di lingkungan kerja,profesional,bisnis, topik dan format komunikasinya berbeda. Idealnya, lebih banyak membicarakan topik kasus, masalah dan ide terkait dengan pekerjaan,profesi,bisnis, dalam format bisnis tentunya.
Dalam hal ini kami tidak mempunyai maksud mengungkapkan bahwa komunikasi di lingkungan kerja selalu bersifat formal. Namun, ada waktu tertentu dimana pegawai dapat mengobrol tentang hal-hal di luar pekerjaan yang sifatnya informal dan itu tidak banyak kecuali dengan sahabat dekat dikantor tentunya. Standar-nya masih tetap formal tentang pekerjaan, dalam bahasa formal.

Bicara mengenai komunikasi, ada 3 hal utama yang terlibat di dalamnya—yang saling terkait antara satu dengan lainnya:

A. Teknik Berkomunikasi

Didalam lingkungan kerja, saat hendak mengkomunikasikan maksud/ide/gagasan/alasan/argument adalah rutinitas setiap hari. Seseorang dikatakan yang menguasai teknik komunikasi yang baik, jika bisa (a) menyampaikan itu semua; sekaligus (b) menangkap dan memahami apa yang disampaikan oleh orang lain, baik itu rekan kerja, atasan, bawahan, vendors, customers, mitra bisnis.

B. Bahasa Komunikasi

Penggunaan bahasa yang kurang baik dan tidak tepat, teknik komunikasi menjadi tidak akan berfungsi optimal. Pada umumnya masyarakat Indonesia umumnya memakai bahasa Indonesia baik lisan maupun tulisan. Di luar bahasa Indonesia. Bahasa asing yang penting untuk di kuasai adalah bahasa Inggris. Betul. Komunikasi dengan pihak asing, di bidang akuntansi dan keuangan tidak sesering komunikasi di bidang pemasaran dan public relation tentunya.

Namun, ada berbagai pekerjaan akuntansi yang sedikit-banyaknya menggunakan bahasa Inggris—mulai dari petunjuk/manual menggunakan software akuntansi yang rata-rata berbahasa inggris, sampai dengan menginterpretasikan standar akuntansi yang banyak bersumber dari literature asing. Terlebih-lebih jika perusahaan berhubungan dengan vendor dan customer dari negara lain, setidak-tidaknya orang accounting perlu mengkomunikasikan masalah utang-piutang dengan mereka.

C. Media dan Alat Komunikasi

Media dan alat komunikasi yang sering digunakan dilingkungan kerja adalah telepon dan email. Saat ini mungkin sudah banyak yang mulai menggunakan peralatan atau media teleconference (seperti WhatsApp,BBM, Skype). Orang akuntansi, minimal bisa menggunakan telepon dan email. Tak perlu panjang lebar untuk saya sampaikan di sini karena rata-rata orang - orang zaman sekarang sudah tidak canggung lagi dengan media yang satu ini.

Satu hal yang penting dan selalu saya anjurkan kepada kawan-kawan di accounting adalah : agar lebih banyak menggunakan email dibandingkan telepon. Suatu masalah, meskipun sudah disampaikan via telepon, alangkah baiknya disusul lagi dengan penyampaian via email. Disamping mengurangi potensi error, juga bisa tercatat dengan benar dan baik sehingga efektif dan effisien.


Demikian beberapa kemampuan komunikasi dan bahasa yang mesti dapat menjadikan nilai plus oleh seorang akuntansi. Tetapi untuk memperlancar pekerjaan/profesi wajib menguasai dan perdalam akuntansi. Seperti halnya memperdalam kemampuan ilmu komputer akuntansi dan lainnya yang berkaitan dengan accounting. Ada alternatif lain untuk kita memperdalam kemampuan ilmu komputer akuntansi, Entah itu dengan cara mengambil kursus komputer di lembaga – lembaga kursus komputer yang berkompeten dan tentunya bersertifikat sebagai bukti kepercayaan lembaga kursus tersebut.
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia