Cara buat Desain Grafis

membuat desain grafis


Hallo Sahabat Unigama 
Tetap semangat untuk belajar yaa .. ? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas masih tentang Desain Grafis Yaa ,.. ini merupakan proses penting dalam merancang grafis, jadi untuk siswa kursus dapat memahaminya lebih dalam agar dapat membuat proyek desain yang patut diperhitungkan dan laku dijual.

Secara umum untuk proses perancangan grafis itu dimulai dari Konsep - Media - Idea - Data - Visualisasi - Produksi. Hal itu merupakan proses pada umumnya, yang bisa diaplikasikan kedalam bidang perencanaan visual yang lain seperti Arsitektur, Tekstil/Fashion, Produk. Multimedia, Dll. 

1. Konsep

Lintasan - lintasan pokok pikiran yang berhubungan dengan tema yang masih dalam bentuk khayalan yang perlu divisualisasikan pada media. Tema konsep dapat diambil dari berbagai macam jenis kegiatan atau pekerjaan dan itu biasanya dalam bentuk non-grafis, antara lain: Ekonomi, Politik, Hukum, Budaya, Sosial dll. Ini sendiri bertujuan untuk membantu pihak  - pihak yang memerlukan solusi untuk itu.

2. Media

Alat untuk menyalurkan pemikiran untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segment yang hendak dituju, memerlukan kajian yang mendalam yang sesuai dan efektif untuk menarik minat khalayak umum. Hal ini dapat berupa cetak, elektronik, luar ruangan, sosial media, forum dll

3. Idea

Buah pemikiran atau ide kadang - kadang tidak terduga kemunculannya, untuk memunculkannya diperlukan wawasan yang luas, literatur, pengamatan, brainstorming atau diskusi, wawancara agar hasil yang didapatkan dapat diterima dan memberikan kesan yang mendalam yang sulit terlupakan.

4. Data

Teks, gambar, video merupakan data yang dapat dijadikan acuan arah dalam proses penyempurnaan desain. Data dapat dibagi menjadi dua begian yaitu data informatif dapat berupa foto, teks, judul dan data estatis dapat berupa bingkai, background, efek garis, atau bidang. Untuk desain elektronik yaitu komputer itu sendiri memerlukan peralatan data analog untuk mendapatkan data dalam format digital/file, alatnya dapat berupa scanner, camera digital dll

5. Visualisasi

Menaplikasikan ide atau visualisasi pemikiran harus dapat metentukan dalam pemilihan warna, Layout dan Finishing. Pemilihan warna dapat itentukan dari konsep analisa dan strategi yang telah ditentukan sebelumnya. Jika konsep warna sudah anda dapatkan dari proses analisa dan strategi, tentunya akan mempermudah dan terarah. Layout yaitu usaha untuk menyusun, manata unsur - unsur grafis (teks dan gambar) menjadi media komunikasi yang efektif. Diperlukan kaidah - kaidah dalam pekerjaan layout ini seperti : Proporsi, Keseimbangan, Irama, Kesatuan, Fokus, dan Kontras. Finishing merupakan langkah terakhir dalam menvisualisasikan desain, pekerjaan Finishing memerlukan ketelitian karena merupakan tahap akhir dari sebuah desdi tujuan utamanya adalah untuk menutupi kekurangan, mempercantik, dan complite. 

6. Produksi

Setelah proses desain sudah selesai, harus di profing (print preview sebelum cetak mesin) Jika sudah tidak ada kesalahan warnanya desain anda siap diproduksi secara massal. Semoga Bermanfaat ! Sampai ketemu lagi pada artikel kita yang selanjutnya.
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia