Tips mencari informasi lowongan kerja

Hallo Sobat Unigama, Salam sukses selalu. pada kesempatan kali ini kursuskomputertop.or.id akan memberikan tips tentang mencari informasi lowongan pekerjaan, ada beberapa langkah yang perlu sobat unigama ketahui supaya dapat mencari lowongan pekerjaan dan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan bakatnya masing - masing. 

Informasi yang berkaitan dengan ketenagakerjaan khususnya informasi lowongan pekerjaan tidak merata, akibatnya para pencari kerja mengalami kesulitan memperoleh informasi dimana ada lowongan pekerjaan atau kesempatan kerja. Media cetak atau elektronik kurang menjanjikan informasi pasar kerja baik bagi pencari kerja maupun pengguna tenaga kerja, secara kualitas maupun kuantitas. Kalaupun ada peluang memasang iklan di media cetak biayannya masih relatif mahal.

Lowongan pekerjaan adalah pekerjaan atau jabatan yang belum ada orang yang melaksanakan, hal ini terjadi karena adanya perluasan usaha, perubahan teknik berproduksi atau karena ada tenaga kerja yang karena sesuatu hal berhenti dari pekerjaannya sehingga harus diisi dengan tenaga baru. Mencari informasi lowongan pekerjaan saat sekarang ini tidak terlalu sulit, beberapa sarana seperti media cetak, elektronik, sosial media, website, media perpesanan seperti line, wa, dan groupnya dan bahkan papan bursa kerja maupun sistem bursa kerja on line sangat membantu para pencari kerja yang ingin mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Oleh karena itu beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :

1. Manfaatkan Lembaga Bursa Kerja

Pencari kerja untuk dapat memanfaatkan Lembaga Bursa Kerja maka sebaiknya mengetahui tentang lembaga bursa kerja, yang terdiri dari:

a. Bursa Kerja Pemerintah 

biasanya yang berada di kantor - kantor pemerintah yang membidangi ketenagakerjaan, yang berfungsi memberikan pelayanan terhadap pencari kerja maupun pengguna tenaga kerja melalui proses pendaftaran, wawancara, bimbingan jabatan (konseling), pemberian informasi lowongan pekerjaan dan lain sebagainya.

b. Bursa Kerja Swasta

Biasanya yang diselenggarakan oelh swasta dan mendapatkan ijin pendirian dan operasional dari pemerintah. Lembaga Bursa kerja Swasta saat sekarang dengan istilah LPPS (Lembaga Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja) untuk pelayanan penempatan tenaga kerja dalam negeri dan LPTRKIS (Lembaga Pelayaan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta) untuk pelayanan penempatan Luar Negeri.

c. Bursa Kerja Khusus

biasanya yang dibentuk oleh lembaga pendidikan (satuan pendidikan SMU/SMK, Perguruan Tinggi) atau lembaga pelatihan kerja yang khusus melayani alumninya dan mendapat persetujuan pemerintah dalam hal ini yang membidangi ketenagakerjaan. Dengan mengetahui lembaga bursa kerja pencari kerja dapat memanfaatkannya agar tidak menjadi korban orang yang tidak bertanggung jawab. 

2. Aktif dan Selektif


Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia