Pada zaman sekarang ini perkembangan teknologi internet dan
gadget yang semakin canggih dan harganya terjangkau. Bahkan tidak dapat
dipungkiri dirata – rata disetiap keluarga semuanya masing – masing sudah
memegang gadget ditangan. Bahkan banyak juga yang dari anggota keluarganya
mempunyai dua atau tiga gadget. Melihat fenomena tersebut maka sangat
dimungkinkan jika cara bertingkah dan berprilaku orang akan mengalami evolusi,
begitu pula dengan cara bertransaksi cara membeli dan menjualan orang akan
mengalami perubahan karena kemudahan dari transaksi secara online tersebut dan
karena sudah banyaknya kepercayaan masyarakat dengan toko online maka sangatlah
potensial apabila seorang pengusaha pemula dapat memulai usahanya melalui
bisnis toko online tersebut.
Sebagai salah satu dari alternative menambah penghasilan,
fenomena toko online sekarang ini sudah semakin berkembang dengan berbagai
jenis produk yang dipasarkan mulai dari pakaian, minuman, keperluan rumah
tangga, gadget dan lain sebagainya. Perubahan pola belanja masyarakat yang
tadinya bersifat konvensional seiring dengan perkembangan ini khusunya di
indonesia kini telah menjadi belanja secara online baik itu berbasis web, blog
atau sejenisnya. Hal itulah yang dinamakan dengan perkembangan yang kearah
positif, nah istilah untuk menyebut pemasaran bisnis toko online tersbutlah
yang disebut dengan e-commerce
Bisnis online di Indonesia belakangan ini sudah semakin
berkembang dengan pesat. Seperti halnya bisnis lainnya, mendirikan bisnis
diranah online juga memerlukan kerja keras dan kegigihan. Semakin luas
penetrasi internetdi Indonesia, semakin besar pula peluang kewirausahaan,
khususnya secara online ini. Bila dijabarkan dengan panjang lebar, ada beberapa
alasan mengapa bisnis online ini berpotensi sebagai alternatif yang sangat
menjanjikan.
Pertama, nilai
inverstasirelatif rendah. Anda hanya perlu investasi menyediakan barang untuk
dijual, tidak perlu biaya besar untuk membangun toko atau tempat sewa. Kedua, modal kerja yang diperlukan
hanyalah sambungan internet, komputer serta barang dan jasa yang ditawarkan. Ketiga, resiko investasi bisnis online
rendah. Pemilik bisnis bebas berimprovisasi untuk menemukan produk yang paling
pas dan cara terbaik untuk memasarkan bisnisnya. Keempat, pengguna internet yang semakin menggunung merupakan
potensi pasar yang sangat luas. Kelima,
biaya pendiriian toko sangat rendah, bahkan ada platform “e-commerce” yang sama
sekali tidak membebankan biaya registrasi ataupun pendirian toko. Paling tidak,
anda hanya perlu domain dan hosting.
Biaya operasional toko ketika sudah mulai
berjalan pun dapat ditekan. Selama bisnis dalam tahap pengembangan, tim
pengelola dapat menekan seminimal mungkin. Hingga sekarang, ada beberapa toko
online yang pengelolanya hanya dua atau tiga orang namun sudah mencetak
transaksi hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya. Bisinis online memiliki
pilihan metode pemasaran yang beragam. Wirausahawan yang mahir semakin lihai
dalam menggunakan berbagai jaringan sosial dan forum untuk mempromosikan
bisnisnya secara gratis meraih pembeli dan bahkan komunitas yang relevan.
Kelanjutannya baca di Membuat Toko Online (Bagian II)