Apa ada hubungan Top Google Trends Cheat GTA dengan Klitih di Yogyakarta


Hallo, Selamat Menjelang Tahun Baru 2017. Semoga kalian tetap bersemangat dan giat berlatih. Pada kesempatan ini saya mau menelisik lebih jauh tentang fenomena klitih yang sudah dua tahun ini terjadi di kota Yogyakarta dengan meningkatkan keyword cheat gta di google trends pada edisi tanggal 28 Desember 2016 pada posisi paling atas.

Pada saat saya iseng - iseng ingin melihat google trends indonesia dengan keyword Komputer mendapati data yang diluar dugaan bahwa pada daftar teratas di situ ternya adalah keyword Cheat GTA dan di bawahnya terdapat Cheat GTA Komputer. Karena rasa penasaran ingin tahu  tentang Cheat GTA tersebut akhirnya saya menemukan penjelasan tentang hal tersebut di Google Search.

Cheat Engine adalah sebuah tool open source yang dirancang untuk membantu Anda untuk memodifikasi Game, sehingga Anda dapat membuat kecurangan-kecurangan Misalnya :  (infinite ammo,infinite health,menaikkan score dll). hanya dengan beberapa langkah. Cheat engine bisa bekerja di game Offline dan juga game online tapi agak susah soalnya game online addressnya selalu berubah ubah dan perlu update juga.

Sedangkan GTA San Andreas adalah salah satu permainan populer yang sering dimainkan melalui PS2. Grand Theft Auto (disingkat GTA) adalah aksi-petualangan permainan video yang dibuat oleh DMA Design (sekarang Rockstar Utara) dan diterbitkan oleh BMG Interaktif. Permainan ini memungkinkan pemain untuk mengambil peran seorang penjahat yang dapat berkeliaran dengan bebas di sekitar kota besar. Berbagai misi yang ditetapkan untuk penyelesaian, seperti perampokan bank, pembunuhan, dan kejahatan lainnya.

Dari sedikit penjelasan dari situ saya agak kaget ternyata game kekerasan, dengan misi yang sangat mengerikan seperti merampok bank, pembunuhan dan kejahatan lainnya itu bisa diminati anak - anak indonesia. Apakah anak - anak sekarang ini memainkan game itu berpengaruh terhadap prilaku mereka di kehidupan nyata atau hanya sebatas permainan game saja ??? itu yang menjadi pertanyaan di benak saya ??? 

Menurut Eka Rusnain Fauziah pernah mengadakan penelitian tentang "PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU ANAK SMP NEGERI 1 SAMBOJA" yang diterbitkan di eJournal lmu Komunikasi, 2013, 1 (3): 1-16 ISSN 0000-0000, ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id © Copyright 2013 menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh game online terhadap perubahan perilaku siswa SMP 1 Samboja. Dari hasil penelitian dapat diketahui dengan mengakses Game Online membuat siswa SMP Negeri 1 samboja ada 2 kecenderungan perilaku positif dan negatif. Untuk Prilaku Positifnya Yakni siswa dapat memiliki banyak teman sehingga siswa dapat berkomunikasi dan berinteraksi serta bertukaran pikiran sehingga wawasan siswa bertambah. Sedangkan prilaku negatifnya yakni siswa menjadi malas belajar seperti menunda mengerjakan tugas sekolah dan mengakses Game Online ketika jam pelajaran.

Dan penelitian tersebut belum diteliti lebih detail tentang game online apa yang mereka mainkan, seandainya yang mereka mainkan game GTA ini maka ada kemungkinan dampak yang lain dari hasil penelitian tersebut, berarti sedikit banyak dari hasil pencarian Google Trends yang saya lakukan kemungkinan pasti ada dampak yang terjadi kepada beberapa anak atau orang dewasa yang memainkan game yang syarat kekerasan tersebut.

Lalu bagaimana dengan fenomena klitih itu sendiri yang akhir - akhir ini juga masih menelan korban berjatuhan, apakah mungkin juga ada pengaruh dari permainan game ini sendiri ???
Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia