Kursus Komputer MYOB Accounting

Mengenal MYOB Accounting

Mind Your Own Business Accounting atau yamg lebih dikenal MYOB merupakan salah satu software akuntansi umum yang cukup populer di Indonesia. Sofware akuntansi ini dibuat MYOB limited Australia dan sudah digunakan oleh banyak negara di dunia. MYOB merupakan integrated software artinya software ini berguna untuk merekam seluruh transaksi bisnis, menghasilkan laporan keuangan secara otomatis. MYOB untuk saat ini bisa dipakai oleh perusahaan dengan skala kecil sampai besar. Ada tiga versi MYOB yang beredar di Indonesia, yaitu :
  • MYOB basic
  • MYOB Accounting
  • MYOB premier
MYOB basic adalah MYOB yang paling sederhana dan paling murah. Penggunaannya tidak disarankan untuk perusahaan dengan transaksi yang rumit dan mengingikan laporan keuangan yang lengkap. Dalam MYOB basic, tidak ada modul inventory, tidak ada modul pembelian, kartu stock, laporan utang, dan tidak bisa  send to excel secara otomatis.

MYOB Accounting adalah MYOB yang hanya bisa digunakan untuk satu komputer saja dan bisa digunakan untuk perusahaan skala kecil sampai menengah. Satu perbedaan mencolok antara MYOB Basic dengan MYOB Accounting adalah MYOB Accounting sudah dilengkapi dengan fitur untuk melacak persediaan. Secara konsep akuntansi disebut sebagai catatan persediaan perpetual. Jadi setiap ada mutasi barang akan terlacak (barang masuk akibat pembelian atau return penjualan, maupun barang barang keluar akibat dari penjualan atau return pembelian).

MYOB Primier adalah MYOB dengan fitur terlengkap. Perbedaan utama antara MYOB Premier dan MYOB Accounting adalah pada MYOB Premier tersedia fasilitas untuk menangani transaksi multicurrency, fasilitas untuk melacak mutasi antar gudang serta fasilitas multiuser.

Secara singkat perbedaan mendasar yang sangat penting yang harus diketahui pada penggunaan MYOB Accounting dengan MYOB Premier:

MYOB Accounting 

Single user (Hanya dapat digunakan 1 User)
Single Currency (Hanya dapat menggunakan Satu Mata Uang)

MYOB Premier

Multi User (Banyak Pengguna, labih dari 1 User) Maksimal 25 User
Multi Currency (lebih dari satu mata uang)

Lokasi:Indonesia, Yogyakarta Jalan Mayjend Bambang Sugeng No.75, Bausasran, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166, Indonesia